PTM Jenjang SD Dimulai Besok, Tak Jauh Beda dengan PTM Jenjang SMP

PTM untuk jenjang sekolah dasar ini akan mulai dilaksanakan mulai Senin (6/9/2021) besok.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Ilustrasi-Para pelajar SMPN 2 Kota Bekasi tengah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN — Setelah membuka pembelajaran tatap muka (PTM) untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP), Dinas Pendidikan Kota Bekasi kembali mengizinkan jenjang sekolah dasar (SD) untuk melaksanakan PTM.

PTM untuk jenjang sekolah dasar ini akan mulai dilaksanakan mulai Senin (6/9/2021) besok.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Krisman Irwandi mengatakan jika pelaksanaan PTM untuk jenjang SD tak berbeda jauh dengan aturan PTM jenjang SMP.

"Jadi untuk PTM tanggal 6 itu SD ya. Jadi tanggal 6 ini SD yang melaksanakan PTM di seluruh Kota Bekasi. Kita juga sudah melakukan persiapan terkait PTM itu," kata Krisman dikonfirmasi, Minggu (5/9/2021).

Dikatakan Krisman, bahwa sekolah dasar yang akan melaksanakan PTM, beberapa diantaranya juga telah melaksanakan tatap muka pada beberapa bulan lalu sebelum kasus Covid-19 naik, dan PTM dihentikan sementara, sehingga dirinya yakin, jika tidak ada masalah terkait persiapan tersebut.

"Jadi yang tanggal 6 ini sekolah yang sebelum juga sudah melaksanakan adaptasi, udah pasti bisa buka PTM. Tapi kalo untuk yang baru kita harapkan bisa memenuhi aturannya," katanya.

Merujuk pada Surat Edaran nomor 420/6378/Setda. Tentang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bekasi. Krisman mengakui tidak berbeda jauh terkait SOP untuk PTM di beberapa sekolah-sekolah di Kota Bekasi.

Dimana, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilaksanakan melalui dua fase yaitu masa transisi dan masa kebiasaan baru.

Di masa transisi, PTM terbatas berlangsung selama dua bulan. Sedangkan, masa kebiaasaan terbaru, PTM terbatas dilakukan setelah masa transisi selesai.

Pendidik dan tenaga kependidikan yang belum di vaksin Covid 19 disarankan untuk memberikan layanan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah.

Selain itu pemerintah daerah dapat memberhetikan PTM terbatas jika ditemukan kasus konfirmasi Covid-19 disatuan pendidikan. Pemberhentian sementara dilakukan paling singkat 3 x 24 jam.

Satuan pendidikan SD/MI dan kesetaraan (paket A, B, dan C dapat dilaksanakan mulai tanggal 6 September 2021 dengan maksimal 50 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 18 peserta didik atau Rombongan pelajar.

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved