Direncanakan Jadi Jalan Protokol, Jalan Inspeksi Kalimalang Bakal Ditata Lebih Rapi

Selain pembenahan di median jalan dan perbaikan drainase, jalan itu nantinya akan dilengkapi dengan taman, jalur pedestarian dan ornamen khas Bekasi.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat memantau Jalan Inspeksi Kalimalang. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIBITUNG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi merencanakan untuk melakukan penataan di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang yang kondisinya kini sangat mengkhawatirkan.

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menjelaskan rencana tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menjadikan jalur Kalimalang di wilayahnya, sebagai jalan protokol.

"Karena itu, kualitas jalannya dulu kita perbaiki, drainase kemudian jalur pemisahnya. Baru setelah itu kita ke arah ornamen untuk bisa menjadikan jalan ini menjadi kebanggaan kita," kata Dani saat dikonfirmasi, Sabtu (11/9/2021).

Selain pembenahan di median jalan dan perbaikan drainase, jalan tersebut nantinya akan dilengkapi dengan taman, jalur pejalan kaki (pedestarian) dan ornamen khas yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Bekasi,

Pemkab Bekasi, kata Dani, masih fokus untuk peningkatan kualitas Jalan Inspeksi Kalimalang yang akan diperbaiki secara bertahap sehingga dapat berfungsi dua jalur secara optimal.

"Ini juga terkait dengan kemampuan anggaran. Kalau hanya dari APBD, bisa saja kita pusatkan di sini. Tapi kan jalan yang lain tidak kebagian. Kita akan coba berbagai cara agar perbaikannya tuntas," tutur Dani.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi, Iwan Ridwan mengatakan, Kabupaten Bekasi saat ini belum punya jalan protokol yang bisa dibanggakan oleh warganya dan bisa dimanfaatkan untuk berinteraksi sosial.

"Kalau nanti kita mau mengadakan Car Free Day juga bisa di jalur ini. Selama ini kita mengadakan Car Free Day di jalan milik kawasan industri," ungkap Iwan.

Iwan menyebutkan, adanya perbaikan infrastruktur jalan merupakan tolak ukur keberhasilan dari pemerintah daerah.

"Kalau jalur transportasinya sudah baik itu merupakan tolak ukur keberhasilan pemerintah daerah, otomatis juga akan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved