Berita Karawang

Pemkab Karawang Tegas Melarang Anak di Bawah 12 Tahun Masuk Tempat Wisata

Pemkab Karawang tegas melarang anak 12 tahun ke bawah masuk tempat wisata, meski sudah dibuka. Mereka tak mau kecolongan atas kasus Covid-9.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Valentino Verry
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Kepala Dinas Pariwisata, dan Budaya (Disparbud) Karawang, Yudi Yudiawan, melarang anak 12 tahun ke bawah masuk tempat wisata. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat tak mau kecolongan. Meski telah membuka tempat wisata, larangan tetap diberlakukan bagi anak usia 12 tahun ke bawah.

Artinya, orang tua yang memiliki anak berusia 12 tahun ke bawah itu harus bersabar dulu mengajak pujaan hatinya berwisata.

Baca juga: Forkopimko Jakarta Utara Beri Bantuan Tunai untuk 4.500 PKL dan Pemilik Warung

Pembukaan tempat wisata sebagai dampak dari penerapan PPKM level 2 di Karawang.

Ada sejumlah persyaratan untuk dapat ke lokasi wisata tersebut, salah satunya telah divaksin dan khusus anak dibawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan masuk.

"Iya tempat wisata sudah dibuka saat PPKM level 2 ini," kata Kepala Dinas Pariwisata, dan Budaya (Disparbud) Karawang, Yudi Yudiawan, Selasa (28/9/2021).

Yudi menjelaskan tempat wisata wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, lalu handsanitizer serta masker.

Kapasitas tempat wisata juga dibatasi 25 hingga 50 persen pengunjung saja.

Baca juga: Digelar di Tengah Covid-19, Ketum KONI Sebut PON XX Papua Jadi Kebangkitan Bangsa Indonesia

"Dan untuk anak usia 12 tahun ke bawah tidak diperbolehkan masuk. Dan ini harus jadi perhatian betul-betul dari para pengelola tempat wisata," imbuh dia.

Adapun untuk penggunakan aplikasi PeduliLingdungi, Yudi menyebut pihaknya belum mewajibkan. Sebab, banyak lokasi tempat wisata yang terkendala jaringan atau susah sinyal.

Para pengunjung bisa menunjukkan kartu vaksin saja.

"Ini yang jadi soalz aplikasi itu kan jaringannya di wilayah utara masih kurang baik ya, jadi ya kita paling minta ditunjukkan saja kartu vaksinnya," terangnya.

Baca juga: Usai Pesta Miras, Tiga Warga Batujaya Karawang Tewas

Hingga saat ini sudah ada 10 tempat wisata di Karawang yang telah dibuka. Diantaranya, Pantai Pakis, Curug Cigentis, green canyon karawang, Pantai Tengkolak.

Semenjak dibukanya tempat wisata, antusias masyarakat semakin tinggi. Sekira ada 42 persen terjadi peningkatan pengunjung.

Untuk itu, Yudi meminta agar para pengelola tempat wisata dapat mengawasi penerapan protokol kesehatannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved