Breaking News:

Berita Bisnis

Tumbuh 2 Persen, Penyaluran Kredit Perbankan di September 2021 Tembus Rp5.639 Triliun

Untuk kredit kepada perorangan, pada September 2021 tumbuh menjadi sebesar 5,1 persen (yoy), dari bulan sebelumnya yang sebesar 4,7 persen (yoy).

Editor: Ichwan Chasani
Kompas/Priyombodo
Ilustrasi - Uang Rupiah. Dalam laporan terbarunya, Bank Indonesia menyebutkan bahwa penyaluran kredit perbankan pada September 2021 tumbuh positif hingga mencapai angka Rp5.639,4 triliun. 

TRIBUNBEKASI.COM — Penyaluran kredit perbankan pada September 2021 tumbuh positif hingga mencapai angka Rp5.639,4 triliun.

Merujuk data uang beredar, angka tersebut tumbuh positif 2,0 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono menegaskan bahwa kredit yang disalurkan oleh perbankan pada September 2021 itu tercatat mengalami akselerasi.

“Akselerasi pertumbuhan kredit terjadi pada debitur perorangan dan korporasi," ungkap Erwin Haryono dalam keterangan resminya, Selasa (26/10/2021).

Erwin membeberkan, untuk kredit kepada perorangan, pada September 2021 tumbuh menjadi sebesar 5,1 persen (yoy), dari bulan sebelumnya yang sebesar 4,7 persen (yoy).

Sementara itu, kredit kepada korporasi mencatat perbaikan meskipun mengalami pertumbuhan negatif -0,4 persen (yoy).

Berdasarkan jenis penggunaannya, perkembangan penyaluran kredit pada September 2021 dipengaruhi oleh penyaluran Kredit Investasi (KI), Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Konsumsi (KK).

Erwin kembali melanjutkan, KI masih menunjukkan kontraksi sebesar -0,03 persen (yoy) pada September 2021, membaik dibandingkan kontraksi bulan sebelumnya sebesar -1,0 persen (yoy).

“Perbaikan tersebut ditopang oleh membaiknya kredit investasi pada sektor industri pengolahan serta penambangan dan komunikasi,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved