Breaking News:

Bank Indonesia Catat Jumlah Merchant QRIS Tembus 12 juta

Bank Indonesia melaporkan, terhitung hingga 1 November 2021, jumlah merchant QRIS telah menembus angka 12 juta.

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo. 

TRIBUNBEKASI.COM — Akseptasi penyediaan QR Code Indonesian Standard (QRIS) sebagai alat transaksi merchant kini telah mengalami peningkatan.

Bank Indonesia (BI) melaporkan, terhitung hingga 1 November 2021, jumlah merchant QRIS telah menembus angka 12 juta.

Angka tersebut meningkat signifikan dibanding jumlah merchant QRIS pada akhir tahun 2020 sebanyak 5,8 juta merchant

Angka tersebut juga melebihi target perluasan merchant QRIS yang telah dicanangkan BI bersama Industri pada Februari 2021.

QRIS telah digunakan mulai dari pedagang mikro, kecil, menengah, dan besar, pada berbagai sektor usaha, serta juga digunakan untuk donasi sosial keagamaan di seluruh provinsi dan kabupaten/kotamadya.

Sejak diimplementasikan pada 1 Januari 2020, BI terus memperkuat kebijakan QRIS untuk mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien.

Implementasi ini juga untuk mendukung program Pemerintah melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (GBWI).

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa penerapan pembayaran nirsentuh QRIS untuk transaksi pembayaran di berbagai sektor, terbukti memberikan banyak manfaat.

Manfaat tersebut diantaranya mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif, mengurangi risiko penularan Covid-19, bahkan memajukan UMKM.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved