Berita Bekasi

Disdik Kota Bekasi Persiapkan Data Anak Usia 6-11 Tahun Calon Penerima Vaksin Sinovac 

Krisman menyebut nantinya ada ratusan anak-anak usai 6 sampai 11 tahun yang akan menerima vaksin jenis Sinovac itu.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Kompas.com/Istimewa
Foto Ilustrasi: Suntik vaksinasi Covid-19 --- Terkait rencana pemberian vaksin kepada anak usia 6 tahun sampai 11 tahun, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi saat ini sudah menyiapkan data-data siswa yang memasuki kategori kriteria penerima vaksin tersebut. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN --- Terkait rencana pemberian vaksin kepada anak usia 6 tahun sampai 11 tahun, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi saat ini sudah menyiapkan data-data siswa yang memasuki kategori kriteria penerima vaksin tersebut.

Sekretaris Disdik Kota Bekasi Krisman Irwandi mengatakan jika Disdik Kota Bekasi sejauh ini sudah menyiapkan data-data terkait rencana Pemerintah itu.

Data itu didapat dari data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kalau data sih kita udah punya data usia 6 sampai 11 tahun, kan data SD dari kelas 1 sampai kelas 5. KalAu untuk kelas 6 SD kan usianya 12 tahun," kata Krisman, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Dinkes Kota Bekasi Persiapkan Pendataan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Baca juga: RE Menjawab: Kejar Kekebalan Kelompok, Gelar Vaksinasi Covid-19 Secara Door to Door di 1.018 RW

Jika berdasarkan pendataan yang ia peroleh dari data Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Krisman menyebut nantinya ada ratusan anak-anak usai 6 sampai 11 tahun yang akan menerima vaksin jenis Sinovac itu.

Merujuk data dapodik milik Kemendikbud untuk peserta didik semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 data siswa SD di Kota Bekasi tercatat sebanyak 228.525 yang tersebar di 12 Kecamatan.

"Kalau kelas 1 sampai 6 itu ratusan ribu, nanti saya data di dapodik (data pokok pendidikan). Untuk usia 6 sampai 11 tahun itu kan dari kelas 1 sampai kelas 5 SD. Nanti kita bisa lihat disitu dan nanti tinggal di print dan dilihat datanya,"ujarnya.

 

BERITA VIDEO : GENJOT VAKSINASI, KASUS AKTIF COVID-19 HANYA 0,04 PERSEN

 

Sebelumnya Pemerintah bakal menyasar vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

Bahkan saat ini Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun juga telah memberikan izin penggunaan vaksin Sinovac untuk anak-anak itu.

Menanggapi rencana Pemerintah dalam hal pemberian vaksinasi anak usai 6 hingga 11 tahun itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi akan melakukan pendataan terlebih dahulu sebelum pelaksanaan vaksinasi diberikan oleh Kemenkes.

"Sambil kita menunggu surat sambil kita mempersiapkan data-data tersebut makanya kami segera menugaskan tim untuk mendata anak usia 6-11 tahun," kata Kadinkes Kota Bekasi Tanti Rohilawati, Selasa (2/11/2021).

Pendataan ini, diungkapkan Tanti agar dapat diketahui secara jelas jumlah anak-anak usia 6 sampai 11 tahun yang ada di Kota Bekasi. Sehingga nantinya, akan disampaikan ke Kementerian Kesehatan terkait jumlah anak-anak yang sesuai kategori itu.

Nantinya, Dinkes Kota Bekasi juga akan berkoordinasi bersama Dinas Pendididikan (disdik) maupun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), terkait pendataannya.

"Semua terkait (pendataan), dukcapil sudah pasti karena kependudukan tapi kan wadah anak usia 6-11 tahun itu kan banyak yang diusia siswa sekolah sehingga kami mengutamakan pertamanya ke disdik baru sinkronisasi dengan dukcapil kependudukan," ujarnya. 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved