Berita Nasional

Jokowi Luncurkan Tol Serang-Panimbang, Mempermudah Wisatawan Jakarta ke Tanjung Lesung

Preaiden Jokowi terus membuka jalan tol baru, dengan tujuan mempermudah akses masyarakat menuju suatu tempat. Terbaru, dibuka Tol Serang-Panimbang.

Editor: Valentino Verry
Tribunnews.com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan tol Serang-Panimbang seksi I, yakni ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021) pagi. Jalan tol ini mempermudah wisatawan Jakarta yang hendak ke Tanjung Lesung. 

TRIBUNBEKASI.COM, SERANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan tol Serang-Panimbang seksi I, yakni ruas Serang-Rangkasbitung, Selasa (16/11/2021) pagi.

Dalam peresmian tersebut, Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Baznas dan NU Kerja Sama Membangun Rumah Sehat

Jalan Tol Serang - Panimbang membentang sepanjang 83,67 km.

Dibangunnya jalan tol yang melintasi wilayah Kota/Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang tersebut diharapkan dapat memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat baik dari sektor industri dan kawasan pariwisata di Provinsi Banten.

Tol Serang-Panimbang akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan seperti dari Jakarta menuju obyek wisata Tanjung Lesung.

Yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 5 jam menjadi sekitar 2 - 3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam.

Baca juga: BPIP Gelar Bedah Musik Kebangsaan di Kampus Unila, Ini Harapannya

"Alhamdulillah, jalan Tol Serang-Panimbang ruas Serang-Rangkasbitung telah selesai dibangun dan siap dioperasikan," jelas Joko Widodo dalam acara peresmian, Selasa (16/11/2021).

Tol Serang – Panimbang terdiri dari tiga seksi yakni Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang - Rangkasbitung, Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan Rangkasbitung - Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 km menghubungkan Cileles – Panimbang.

Untuk Seksi 1 saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 100 persen.

Sementara untuk seksi 2 dan 3 masih dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan konstruksi.

Seksi 2 dan 3 ditargetkan selesai konstruksi pada Agustus 2023.

Baca juga: Lima Bocah Keracunan Makanan Ulang Tahun di Muara Baru Masih Dirawat di Rumah Sakit

Pembangunan Tol Serang – Panimbang dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengam total nilai investasi sebesar Rp8,58 triliun.

Untuk Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT. Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 porsi pemerintah.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan dengan Banten Utara yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta.

Dalam peresmian tol tersebut, Jokowi kembali mengungkapkan betapa pentingnya pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Baca juga: Setelah Pesta Sabu, Komplotan Begal Membantai Pegawai Basarnas hingga Tewas

Apabila seluruh wilayah di Indonesia aksesnya tersambung, maka efeknya mampu menekan biaya logistik, serta lapangan pekerjaan dapat terbuka.

"Karena tanpa infrastruktur barang-barang ini harganya bakal lebih tinggi, itu lah yang kita kejar," ucap Jokowi.

"Dan yang paling penting dengan dibangunnya sebuah jalan, di situ akan muncul pembukaan lapangan kerja dan membangun peradaban kita," pungkasnya.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved