Breaking News:

Berita Karawang

Aliansi Ormas Karawang Sebut Konten Bernada Provokasi Jadi Pemicu Terjadi Bentrok

Konten bernada provokasi melalui media sosial berisikan rekaman pernyataan salah seorang yang melengkapi dirinya dengan senjata api.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Aliansi Ormas Karawang. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Adanya konten bernada provokasi diduga menjadi pemicu terjadinya bentrok di Karawang, Jawa Barat, pada Rabu, 24 November 2021 lalu

Hal itu dikatakan Perwakilan Aliansi Ormas Karawang, HME Suparno, kepada awak media pada Jumat (26/11/2021).

Suparno menjelaskan konten bernada provokasi melalui media sosial berisikan rekaman pernyataan salah seorang yang melengkapi dirinya dengan senjata api.

Dalam pernyataan itu menyebutkan bahwa akan adanya penghadangan Aliansi Ormas Karawang pada kegiatan aksi LSM GMBI.

Baca juga: Bentrok Ormas di Karawang, Satu Mobil Dirusak dan Dua Orang Terluka Parah

"Provokasi itu mereka lakukan dengan mendesain isu akan adanya penghadangan dari pihak kami kepada mereka," jelas dia.

Bahkan, kata Suparno, salah seorang dari ormas GMBI Karawang juga mengintruksikan kepada jajaran GMBI Se-Jabar dan DKI Jakarta untuk mengerahkan massa sekaligus uji nyali ke Karawang.

Bentrokan antar organisasi masyarakat (ormas) terjadi di Jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (24/11/2021) siang.
Bentrokan antar organisasi masyarakat (ormas) terjadi di Jalan Interchange Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, pada Rabu (24/11/2021) siang. (TribunBekasi.com/Muhammad Azzam)

"Kami mendapatkan informasi dari media sosial yang bersifat provokasi, bahwa ada ribuan orang luar dari Ormas GMBI berdatangan ke Karawang untuk melakukan uji nyali," lugasnya

Dikatakannya tentu kondisi itu membuat massa aliansi ormas Karawang terusik. Akan tetapi pihaknya sudah menenangkan dan berkomitmen dengan aparat penegak hukum bahwa tidak akan melakukan penghadangan.

Baca juga: Suasana Mencekam saat Bentrokan Ormas di Karawang, Begini Kesaksian Warga

"Jika diisukan akan ada penghadangan dari pihak GMBI, itu sudah jelas tidak benar," tegasnya.

Pimpinan Aliansi Ormas Karawang juga sempat meminta agar kepolisian bertindak tegas memulangkan massa ormas dari luar Karawang yang dikabarkan mulai merangsek ke Kawasan Industri dan menekan perusahaan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved