Breaking News:

Berita Jakarta

Ungkap Kasus Mahasiswa Meninggal Saat Pembaretan Menwa, UPNVJ Bentuk Komisi Disiplin

Rektor meminta Komisi Disiplin segera memproses kejadian itu dan secepatnya memberikan rekomendasi kepada Rektor terkait sanksi kepada Menwa UPNVJ.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. Erna Hernawati. 

TRIBUNBEKASI.COM — Demi mengungkap fakta dugaan mahasiswa meninggal saat kegiatan pembaretan Resimen Mahasiswa (Menwa) Jayakarta,  pihak Rektorat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) membentuk komisi disiplin.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Dr. Erna Hernawati mengatakan bahwa komisi disiplin itu diketuai langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPNVJ Dr dr Ria Maria Theresa.

Erna menjelaskan usai mahasiswi Fauziyah Nabilah meninggal 25 November 2021 lalu, maka pada 28 September 2021 pihak kampus mengundang secara daring pihak-pihak yang terlibat termasuk keluarga almarhumah, untuk mendapatkan kronologis kejadian tersebut.

Setelah mengadakan beberapa kali pertemuan untuk membahas kejadian tersebut, Rektor kemudian membentuk Komisi Disiplin di tingkat universitas pada 1 Desember 2021 untuk mencari data dan fakta.

Rektor meminta Komisi Disiplin untuk segera memproses kejadian tersebut dan secepatnya memberikan rekomendasi kepada Rektor terkait dengan kemungkinan sanksi terhadap pengurus Menwa UPNVJ.

"Rektor akan memutuskan berdasarkan data dan fakta dari Komisi Disiplin. Aturan sudah ada, keputusan Rektor akan berdasarkan peraturan," tuturnya dalam keterangan Rabu (1/12/2021).

Terkait dengan permintaan mahasiswa agar Menwa di UPNVJ dibubarkan, Rektor mengatakan mempersilakan mahasiswa untuk melakukan kajian berdasarkan metode penelitian yang jelas.

"Silakan membuat kajian yang akademis mengenai keberadaan Menwa. Menwa tidak hanya ada di UPNVJ. Kalau ada kajian, saya tunggu, akan saya sampaikan kepada pihak yang berwenang," katanya.

Sebelumnya, Fauziyah Nabilah, mahasiswa yang akrab disapa Lala itu meninggal saat mengikuti kegiatan pembaretan Resimen Mahasiswa (Menwa) di kawasan Bogor, Jawa Barat pada 25 September 2021.

Diduga Lala meninggal lantaran kelelahan saat mengikuti kegiatan Menwa UPNVJ itu di wilayah Bogor.

Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved