Breaking News:

Berita Nasional

Harga Batu Bara Acuan Desember 2021 Turun Menjadi 55,22 Dollar AS Per Ton, Berikut Ini Penyebabnya

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan harga batu bara acuan (HBA) bulan Desember 2021.

Editor: Panji Baskhara
TribunKaltim.co/Geafry Necolsen
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan harga batu bara acuan (HBA) di bulan Desember 2021. Foto: Tambang batu bara di Kalimantan Timur. 

TRIBUNBEKASI.COM - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menetapkan harga batu bara acuan (HBA) bulan Desember 2021.

Di laporan terbarunya, HBA ditetapkan senilai 159,79 dolar AS per ton atau turun 55,22 dolar AS per ton dibanding HBA bulan November 2021 yang senilai 215,01 dolar AS per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi angkat bicara.

Ia menjelaskan, penurunan HBA dipengaruhi intervensi kebijakan Pemerintah Tiongkok dalam menjaga kebutuhan batu bara domestik mereka.

Baca juga: Bercerai dari Stefan William, Benarkah Celine Evangelista Tengah Dekat dengan Pengusaha Batu Bara?

Baca juga: Olivia Nathania Mengaku Direktur Utama KJB Berau Batu Bara untuk Meyakinkan Aksinya

"Pemerintah Tiongkok telah meningkatkan produksi batu bara dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang berdampak pada meningkatnya stok batu bara domestik Tiongkok"

"Serta kebijakan pengaturan harga batu bara oleh pemerintah setempat," kata Agung dalam keterangannya dikutip Kamis (9/12/2021).

Dirinya kembali menambahkan, penurunan HBA bulan ini juga disebabkan oleh masih berlangsungnya krisis energi diikuti merangkaknya komoditas energi fosil di luar batu bara.

"Peralihan penggunaan batu bara global akibat melonjaknya harga gas dan minyak bumi mulai ter-recovery," jelasnya.

Penurunan HBA Desember sendiri merupakan kali pertama setelah hampir sepanjang tahun harga batu bara mengalami lonjakan sepanjang tahun 2021.

Dibuka pada level 75,84 dolar AS per ton di Januari, HBA mengalami kenaikan pada bulan Februari 87,79 dolar AS per ton, sempat turun di Maret 84,47 dolar AS per ton.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved