Breaking News:

Berita Bekasi

DPRD Kabupaten Bekasi Sambangi BBWS Singgung soal Perbaikan Tanggul dan Sungai yang Mulai Dangkal

"Kita ingin penanggulangan banjir dilakukan secara komprehensif tidak secara parsial. Artinya dari hulu sampai hilir semua dilakukan perbaikan,

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Ilustrasi tanggul jebol --- Tanggul kritis di pinggir aliran Sungai Citarum titik Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai diperbaiki oleh BBWS Citarum dibantu warga sekitar. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIKARANG --- Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi dari Komisi III mendatangi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane dan BBWS Citarum, Kamis (23/12/2021) lalu.

Kedatangannya untuk mempertanyakan langkah yang bakal dilakukan dua instansi tersebut dalam upaya perbaikan tanggul maupun pengerukan sungai yang mulai mendangkal di wilayah Kabupaten Bekasi.

"Kita ingin penanggulangan banjir dilakukan secara komprehensif tidak secara parsial. Artinya dari hulu sampai hilir semua dilakukan perbaikan," kata anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Saeful Islam.

Untuk BBWS Citarum, pihaknya meminta agar tanggul di sepanjang Sungai Citarum untuk dilakukan perbaikan permanen.

Baca juga: Tanggul Jebol di Perumahan Bumi Nasio Indah Selesai Diperbaiki, BWSCC: Hanya Bersifat Sementara

Baca juga: Luapan Sungai Citarum, Sekretaris Desa Pantai Bahagia Prediksi Titik Tanggul Kritis Bakal Bertambah

Sebab hingga kini beberapa titik tanggul di bantaran sungai itu mulai mengalami kerusakan yang bisa mengakibatkan tanggul jebol. 

Lalu, ia juga meminta agar di sekitaran Sungai Cibeet perlu dibuatkan Water Front atau waduk yang berfungsi untuk menampung air dan mengawasi volume air ketika intensitas hujan mulai meningkat.

"Di wilayah dekat Sungai Cibeet harus ada waduknya karena kalau kita berkaca pada kejadian banjir kemarin, volume air dari sungai itu tidak bisa kita kontrol sehingga aliran air menuju Sungai Citarum mengalami peningkatan yang signifikan. Kita minta untuk segera dibuatkan dan kami sampaikan hal itu saat kami ke kantor BBWS Citarum, dan dari mereka berjanji ke kita di Tahun 2022 bakal dilakukan kajian untuk membuat Water Front itu," ungkapnya.

BERITA VIDEO : PEMPROV BAKAL BANGUN EMBUNG ANTISIPASI BANJIR DI BEKASI

Selain untuk mengontrol debit air, fungsi Water Front juga bisa menjadi solusi atas persoalan kekeringan dikala musim kemarau untuk wilayah Cibarusah dan Bojongmangu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved