Breaking News:

Berita Bisnis

Tumbuh 4,4 Persen, Penyaluran Kredit Perbankan di November 2021 Capai Rp5.694 Triliun

Kredit kepada perorangan pada November 2021 tumbuh menjadi sebesar 8,4 persen (yoy), dari bulan sebelumnya yang sebesar 5,6 persen (yoy).

Editor: Ichwan Chasani
Tribunnews.com
Ilustrasi - Pintu gerbang Bank Indonesia Bank Indonesia di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. 

TRIBUNBEKASI.COM — Bank Indonesia (BI) dalam laporannya menyebutkan, penyaluran kredit perbankan pada November 2021 tercatat sebesar Rp5.694,9 triliun.

Merujuk data uang beredar, angka tersebut tumbuh positif 4,4 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

"Kredit yang disalurkan oleh perbankan pada November 2021 menunjukkan tren positif," jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono dikutip dalam keterangannya, Minggu (26/12/2021).

Erwin menjelaskan, akselerasi pertumbuhan kredit terjadi pada debitur perorangan. Kredit kepada perorangan pada November 2021 tumbuh menjadi sebesar 8,4 persen (yoy), dari bulan sebelumnya yang sebesar 5,6 persen (yoy).

Baca juga: Gandeng BRI, Pegadaian Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas Pertama di Indonesia

Sementara itu, kredit kepada korporasi mencatat perlambatan dari 1,1 persen (yoy) pada Oktober 2021 menjadi 0,9 persen (yoy).

Berdasarkan jenis penggunaannya, perkembangan penyaluran kredit pada November 2021 dipengaruhi oleh penyaluran Kredit Investasi (KI), Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Konsumsi (KK).

Erwin kembali melanjutkan, KMK kembali tumbuh menguat, dari 4,4 persen (yoy) pada Oktober 2021 menjadi 5,0 persen (yoy) pada November 2021.

Kinerja KMK terutama didorong sektor pengolahan serta perdagangan, hotel, dan restoran (PHR).

Baca juga: Hindari Pinjol dan Rentenir, Bank BJB Hadirkan Layanan Kredit Mesra Tanpa Bunga dan Anggunan

Untuk kinerja kredit investasi (KI) pada November 2021 tumbuh 3,5 persen (yoy), berbalik arah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar -0,2 persen (yoy).

Pertumbuhan ini sejalan dengan akselerasi penyaluran KI pada sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan serta sektor industri pengolahan.

Sementara itu, untuk pertumbuhan Kredit Konsumsi (KK) juga tercatat mengalami akselerasi, dari 3,8 persen (yoy) pada Oktober 2021, menjadi 4,1 persen (yoy).

Perbaikan kredit konsumsi ini ditopang oleh akselerasi penyaluran kredit multiguna.

Untuk penyaluran kredit kepada UMKM pada November 2021 masih tumbuh positif sebesar 3,1 persen (yoy), meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 2,6 persen (yoy). (Tribunnews.com/Ismoyo)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved