Breaking News:

Piala AFF 2020

Akmal Marhali: Jika Kalah di Final Piala AFF, Bukan Berarti Skuat Garuda Tak Berprestasi

Witan Sulaiman dan kolega dinilai masih berproses dalam membentuk pondasi kuat untuk Timnas Indonesia masa depan, di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong.

Tangkapan Layar Kompas TV
Pengamat Sepak Bola, Akmal Marhali dalam Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Sabtu (25/12/2021). 

TRIBUNBEKASI.COM — Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan Thailand di babak final Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (29/12/2021), pukul 19.30 WIB malam.

Pengamat Sepak Bola, Akmal Marhali mengatakan, jika akhirnya Timnas Indonesia kalah di laga final Piala AFF 2020 tersebut, bukan berarti Skuat Garuda gagal ataupun tidak berprestasi.  

"Kalau kemudian kita kalah dari Thailand, itu bukan berarti kita gagal, bukan berarti kita tidak berprestasi," ujar Akmal saat dihubungi Tribunnews.com, jejaring TribunBekasi.com.

Akmal Marhali menambahkan, keberhasilan Timnas Indonesia menembus babak final adalah sebuah prestasi awal yang baik. 

Baca juga: Timnas Thailand Satu Level di Atas Skuat Garuda, Lebih Diunggulkan Raih Piala AFF

Utamanya bagi Witan Sulaiman dan kolega yang disebut Akmal masih berproses dalam membentuk pondasi kuat untuk Timnas Indonesia masa depan, di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong.

"Prestasi lolos ke final merupakan sebuah langkah baik buat timnas kita. Kita tidak boleh jumawa saat ini, karena timnas kita saat ini masih dalam proses membentuk pondasi kuat untuk masa depan," kata Akmal saat dihubungi Tribunnews.com, jejaring TribunBekasi.com.

"Kita masih dalam proses membangun pondasi timnas yang kuat di bawah Shin Tae-yong. Jadi timnas yang ada saat ini masih merupakan tim yang sedang berproses," sambung dia.

Akmal menegaskan bahwa Timnas Thailand lebih diunggulkan untuk bisa menjuarai Piala AFF ketimbang Indonesia. Negara berjuluk Gajah Putih, secara objektif, memang satu level di atas Indonesia.

Baca juga: Jelang Final Piala AFF, Pelatih Thailand Sebut Permainan Bertahan Timnas Indonesia Sangat Baik

"Kita harus realistis secara permainan timnas kita masih butuh pembenahan secara total. Mulai dari stamina, mental, sampai cara bermainnya," kata Akmal.

"Thailand bermain sudah dengan sepak bola yang benar, kita satu level di bawah mereka," tutur dia.

Atas dasar itu, Akmal menekankan, bila akhirnya Indonesia kalah dari Thailand, maka itu bukanlah sebuah kegagalan. Sebab Indonesia masih dalam proses membentuk pondasi, demi prestasi-prestasi yang didambakan untuk diraih di masa depan.

"Intinya adalah bahwa melawan Thailand di final, kita berada levelnya di bawah mereka. Kalaupun kita kalah, kita tidak gagal. Ini merupakan awal menuju prestasi-prestasi yang kita dambakan di masa depan," pungkas Akmal.

 

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved