Breaking News:

Berita Nasional

Dukung Upaya Pertahanan Negara, ASN akan Jadi Tentara Komcad, Ikut Latihan Militer Selama Tiga Bulan

Ditetapkan, aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) agar ikut serta dalam pelatihan anggota Komponen Cadangan atau Komcad.

Editor: Panji Baskhara
TribunJabar.id
Ilustrasi: Ditetapkan, aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) agar ikut serta dalam pelatihan anggota Komponen Cadangan atau Komcad. 

TRIBUNBEKASI.COM - Ditetapkan, aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) agar ikut serta dalam pelatihan anggota Komponen Cadangan atau Komcad.

Aturan ditetapkan pemerintah, dimana ASN atau PNS berperan sebagai tentara cadangan untuk mempertahankan negara.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Nomor 27 Tahun 2021.

Keputusan itu tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan Dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara yang diteken Tjahjo Kumolo pada 27 Desember.

Baca juga: Ada Enam Pejabat di Kementerian Agama Dicopot, Apa Penyebabnya? Berikut Ini Tanggapan Ketua KASN

Baca juga: Angkasa Pura I Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang di Tengah Meluasnya Varian Omicron

Baca juga: ASN Kabupaten Karawang Dilarang Cuti di Libur Natal dan Tahun Baru

"SE ini diperuntukkan bagi pegawai ASN agar ikut serta dalam pelatihan Komponen Cadangan dalam rangka mendukung upaya pertahanan negara,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (28/12/2021).

Surat Edaran yang diteken Tjahjo tersebut menjelaskan keikutsertaan ASN atau PNS dalam Pelatihan Komponen Cadangan adalah sebagai bentuk dukungan terhadap pertahanan negara.

Hal ini mendukung UU No 23/2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional yang menjelaskan Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Kemudian berdasarkan UU No 3/2002 tentang Pertahanan Negara, disebutkan pertahanan negara Indonesia diselenggarakan melalui Sistem Pertahanan Semesta.

Sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan segenap sumber daya nasional.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved