Breaking News:

Berita Nasional

Jumlah Penumpang Domestik Periode Nataru di Bandara Soetta Naik 22 Persen

Jumlah aktivitas penumpang yang berangkat dan datang di bandara Soetta pada periode Nataru tahun ini sebanyak 1.359.840 orang.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Gilbert Sem Sandro
Situasi penumpang domestik pada terminal 2E dan 2F Bandara Soekarno Hatta saat periode libur Nataru. 

TRIBUNBEKASI.COM — Jumlah penumpang domestik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, selama periode libur hari raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 meningkat 22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M Holik Muardi mengatakan, jumlah aktivitas penumpang yang berangkat dan datang di bandara Soetta pada periode tahun ini sebanyak 1.359.840 orang.

Sementara pada tahun lalu, jumlah pergerakan penumpang pada periode yang sama sebanyak 1.114.125 orang.

"Untuk pergerakan penumpang pada periode nataru tahun ini ada kenaikan 22 persen lebih banyak ya intensitasnya dibandingkan tahun lalu," ujar M Holik Muardi saat dikonfirmasi awak media, Senin (3/1/2022).

Baca juga: Seminggu Terakhir, Tercatat 43 Ribu Orang Keluar-Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta

Sementara itu, untuk pergerakan pesawat pada periode tahun ini justru mengalami penurunan sebanyak 13,87 persen dari pada sebelumnya.

"Kalau untuk pergerakan pesawat lebih menurun ya dibanding tahun lalu yang mencapai 13.480 penerbangan, tapi tahun ini hanya 11.610 penerbangan," kata dia.

"Jadi kesimpulannya, jumlah pergerakan pesawat menurun daripada tahun lalu, sementara untuk pergerakan penumpang mengalami peningkatan," jelasnya.

Lebih lanjut Holik menjelaskan, mayoritas penumpang yang datang dan pergi merupakan berasal dari penerbangan nasional atau domestik yakni berasal dari Bali, Medan, Makassar, Pontianak dan juga Surabaya.

Para penumpang tersebut merupakan penumpang selama periode libur nataru, yakni sejak 17 Desember 2021 sampai 2 Januari 2021.

Baca juga: Sepanjang 2021, Sebanyak 1,4 Juta Orang Keluar-Masuk Indonesia Lewat Bandara Soetta

"Kalau aktivitas keberangkatan penumpang itu banyaknya Bali, Makassar, Kualanamu dan Surabaya. Dan kalau kedatangannya itu sih mayoritas sama saja ya, beberapa diantaranya dari Bali, Kualanamu, Makassar, Surabaya, Pontianak," papar Holik.

Pihak Angkasa Pura II pun dijelaskan Holik, telah melakukan beberapa upaya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut.

Salah satu upaya yang dilakukan ialah, kembali dioperasikannya Terminal Kedatangan 1A Bandara Soetta bagi para penumpang domestik.

"Untuk mengantisipasi situasi penerbangan crowded itu, kita kembali mengoperasikan terminal 1A, bagi penumpang kedatangan domestik yang menggunakan maskapai seperti Air Asia, Lion Air, Batik Air, dan juga Sriwijaya Air," terangnya.

"Kalau kedatangan penerbangan Internasional juga sama kita kembali mengoprasikan terminal 2F, untuk mengantisipasi apabila kedatangan di terminal 3 Internasional sedang hectic. Tapi tetap dengan melalui alur sama sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan, seperti mirroring pada Terminal 3 kedatangan Internasional," tutup M Holik Muardi.

Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved