Breaking News:

Berita Karawang

Viral Curhatan Warga Klaten Tertipu Calo Tenaga Kerja di Karawang

Info lowongan pekerjaan itu didapatkannya dari info grup Facebook Loker Karawang Cikarang. Dia diminta membayar administrasi sebesar Rp 8.000.000.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Beredar narasi tulisan di media sosial kronologi peristiwa dugaan penipuan yang dialami korban bernama Havid Alfriandra warga Klaten, Jawa Tengah tersebut. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Curhatan warga Klaten, Jawa Tengah tertipu calo tenaga kerja di Karawang viral di media sosial.

Beredar narasi tulisan di media sosial kronologi peristiwa yang dialami korban bernama Havid Alfriandra warga Klaten, Jawa Tengah tersebut.

Dia datang ke Karawang dengan membawa uang senilai Rp 9.000.000 hasil menjual sepeda motor dan kayu. Dia rela membayar uang sebesar itu untuk bisa bekerja di salah satu perusahaan di Karawang.

Info lowongan pekerjaan itu didapatkannya dari info grup Facebook Loker Karawang Cikarang. Dia diminta membayar administrasi sebesar Rp 8.000.000 ke sebuah yayasan yang baru dibuka Jumat kemarin dan sekarang sudah tutup lagi.

Baca juga: Kasus Penipuan Wedding Organizer Mulai Diselidiki Polisi, Baru Tujuh Korban yang Melapor

Ironisnya, sisa uang 1.000.000, dipinta kembali Rp 900.000 sebagai biaya pendaftaran dan handphone dia juga diambil dengan alasan untuk memasukkan Wifi, setelah itu para calo membubarkan diri

Sementara saat dikonfirmasi Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Endang Syafrudin mengaku sudah mengetahui informasi tersebut.

"Iya sudah dengar dan baca mengenai ada pencaker yang kena tipu yang kita ketahui asal warga Klaten," tuturnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya juga meminta agar korban melaporkan kejadian itu ke polisi.

Karena, kasus penipuan calo tenaga kerja melanggar, sebagaimana yang dimaksud dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 378 tentang penipuan.

Baca juga: Korban Penipuan Wedding Organizer di Karawang Capai Puluhan Orang, Polisi Fokuskan Jadi 2 LP

"Itu tentu penipuan, silahkan laporkan ke polisi," katanya.

Ditegaskannya, sampai saat ini pihaknya tengah berupaya memberantas calo tenaga kerja yang marak di Kabupaten Karawang.

Dinas Tenaga Kerja Karawang telah memiliki website resmi informasi lowongan pekerjaan di Karawang.

"Kita punya website resmi untuk info lowongan  kerja. Silahkan cek dan daftar lowongan kerja di situ. Saya menghimbau kepada masyarakat agar jangan mudah tergiur dengan iming-iming pekerjaan," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved