Breaking News:

Berita Karawang

Marak Calo Tenaga Kerja di Karawang, Bupati Imbau Masyarakat Tak Mudah Percaya

Menurut Bupati Cellica, masyarakat harus lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan calo tersebut.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG— Maraknya calo tenaga kerja di Kabupaten Karawang, Jawa Barat seringkali berujung pada kasus penipuan. Terakhir, viralnya curhatan warga Klaten, Jawa Tengah yang tertipu calo tenaga kerja.

Menanggapi hal itu, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengatakan pihaknya telah berupaya menekan keberadaan calo tenaga kerja. Salah satunya membuka lowongan kerja online resmi milik Dinas Tenaga Kerja Karawang.

"Penanganan calo, dengan loker online sebenarnya sudah sedikit menekan praktik calo. Walaupun memang masih ada harus kita bereskan," kata Bupati Cellica, pada Selasa (4/1/2022).

Menurut Bupati Cellica, masyarakat harus lebih berhati-hati dan jangan mudah percaya dengan calo tersebut.

Selain itu juga, pemikiran untuk mengembangkan UMKM harus ditanamkan pada diri masyarakat. Jangan melulu bekerja di perusahaan, akan tetapi bagiamana menciptakan usaha sendiri.

Baca juga: Viral Curhatan Warga Klaten Tertipu Calo Tenaga Kerja di Karawang

Pemkab Karawang, kata Bupati Cellica, menyiapkan anggaran Rp 1 miliar pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) pada 2022. Bantuan itu diberikan berupa barang bukan uang.

"Masyarakat jangan hanya mikir untuk bekerja saja tapi menciptakan usaha dan membuka lowongan pekerjaan. Kita mendukung dengan adanya bantuan UMKM berupa barang buat uang karena takut susah diawasinya," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, curhatan warga Klaten, Jawa Tengah tertipu calo tenaga kerja di Karawang viral di media sosial.

Beredar narasi tulisan di media sosial kronologi peristiwa yang dialami korban bernama Havid Alfriandra warga Klaten, Jawa Tengah tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved