Breaking News:

Berita Bekasi

Ironis, Potensi Ekonomi Desa Bahagia Capai Rp 1 M per Hari tapi Tak Ada yang Masuk Kas Desa

Nelayan Desa Bahagia menjual hasil tangkapannya langsung ke tengkulak, tidak di tempat pelelangan ikan.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribunnews.com
Potensi ekonomi di Desa Bahagia, Muaragembong, Kabupaten Bekasi sangat besar, namun yang menikmati adalah tengkulak. Keterangan foto: Nelayan Desa Pantai Bahagia, Muaragembong. 

TRIBUNBEKASI.COM, MUARAGEMBONG -- Mayoritas penduduk Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, bermatapencaharian sebagai nelayan.

Kekayaan laut yang melimpah membuat perputaran transaksi uang dari hasil tangkapan ikan dan udang mencapai Rp1 miliar per harinya.

"Kalau tangkapan lagi banyak, per hari perputaran uang bisa sampai Rp1 miliar, kalau sedikit ya enggak jauh dari nilai itu," kata Sekretaris Desa Pantai Bahagia, Qurtubi saat dikonfirmasi, Jumat (7/1/2022).

Potensi ekonomi yang besar itu, menurut Qurtubi, menyebabkan ratusan tengkulak skala kecil sampai besar datang ke Desa Bahagia.

Satu orang tengkulak minimal memiliki 10 orang nelayan yang menyetor ikan kepadanya.

"Tangkapannya kalau lagi bagus, ikan dan udang, sekitar Rp5 juta per nelayan. Sekarang disini ada ratusan tengkulak yang besar. Belum lagi yang ada di kampung lainnya lagi. Bahkan kalau lagi bagus, itu satu kapal besar untungnya bisa Rp20-30 juta," katanya.

Tak masuk kas desa

Ironisnya, tak seperak pun uang yang berputar di sana masuk ke kas Pemerintah Desa (Pemdes).

Bahkan retribusi yang seharusnya diperoleh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muara Bendera tak sebanding dengan potensi ekonomi Desa Bahagia, karena kini nyaris tak ada geliat transaksi di TPI tersebut.

Qurtubi menduga para nelayan yang mencari hasil laut di Teluk Jakarta dan Laut Jawa dekat Desa Pantai Bahagia lebih memilih menjual tangkapannya kepada ratusan tengkulak.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved