Breaking News:

Berita Jakarta

Ray Rangkuti Nilai Figur Pj Gubernur DKI Jakarta Idealnya Penuhi Empat Kriteria

Menurut Ray Rangkuti, siapapun berpeluang mengisi kursi Pj Gubernur selama sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, memberikan keterangan usai patroli Crowd Free Night (CFN), Sabtu (1/1/2022) dini hari. Sosok Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang bakal menggantikan Anies Baswedan pada Oktober 2022 mendatang, kini mulai banyak didiskusikan. 

TRIBUNBEKASI.COM — Sosok Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta yang bakal bertugas pada Oktober 2022 mendatang, kini mulai banyak didiskusikan.

Sebagian kalangan menganggap Kepala Sekretariat Kepresidenan (Kasetpres) Heru Budi Hartono berpeluang mengisi kekosongan kursi yang bakal ditinggal Gubernur Anies Baswedan pada 16 Oktober 2022 sampai Pilkada serentak 2024 mendatang.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Ray Rangkuti mengatakan, idealnya ada empat kriteria bagi sosok aparatur sipil negara (ASN) untuk menempati Pj Gubernur DKI Jakarta.

Pertama, penempatannya sesuai administratif, misalnya jarak antara jabatan yang akan diisi tidak terpaut jauh dengan eselonnya sekarang.

Baca juga: Dinilai Mampu Gantikan Anies Baswedan, Ini Nama-nama Calon Gubernur DKI Jakarta Versi PDI Perjuangan

Kedua, calon Pj Gubernur harus memiliki pengetahuan yang cukup terhadap kondisi jabatan yang akan ditanganinya.

“Ketiga, memiliki kemampuan manajerial karena sebetulnya yang top bukan kemampuan politik bagi Pj, tapi manajerial,” kata Ray pada Minggu (9/1/2022).

“Jadi Pj itu tidak bisa mengambil kebijakan politik, sehingga keputusan manajerial sangat dibutuhkan dalam jabatan ini,” lanjut Ray.

Kriteria terakhir, kata Ray, figur calon Pj Gubernur harus memiliki prinsip-prinsip menjalankan pemerintahan yang baik (good governance).

Baca juga: Elektabilitas Anies Bikin Petinggi Parpol Ketar-Ketir, Taufik Ingatkan Tak Perlu Risau

Dia berharap, kepada pemerintah pusat untuk memperhatikan kriteria tersebut agar sosok Pj Gubernur yang dipilih nanti dapat menjalankan pemerintahan yang baik.

Halaman
123
Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved