Breaking News:

Pemilu

KPU Kabupaten Bekasi Usul Kursi di DPRD Kabupaten Bekasi Ditambah

Jika benar jumlah penduduk berjumlah 3 juta atau lebih maka sesuai Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 kursi jadi bertambah

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Pexels.com/Tara Winstead
DPRD Kabupaten Bekasi meminta tambahan lima kursi di parlemen di Pemilu 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, CIKARANG -- DPRD Kabupaten Bekasi meminta tambahan lima kursi di parlemen, sehingga pada Pemilu 2024 mendatang jumlahnya akan menjadi 55 kursi.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin, mengatakan, penambahan jumlah kursi parlemen itu berdasarkan usulan partai politik yang sebelumnya telah mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Bekasi.

"Beberapa parpol yang mendapatkan kursi di DPRD Kabupaten Bekasi menyampaikan kepada KPU perihal apakah memungkin untuk penambahan kursi DPRD dari 50 menjadi 55," katanya, Selasa (11/1/2022).

Penambahan kursi diusulkan lantaran parpol menilai jumlah populasi penduduk di Kabupaten Bekasi telah mencapai lebih dari 3 juta jiwa.

"Kami melakukan komunikasi ke Disdukcapil Kabupaten Bekasi, soal usulan wacana tersebut untuk mendapatkan data akurat jumlah penduduk Kabupaten Bekasi. Kami menunggu informasi data tersebut per Desember 2021," kata Jajang.

Jika jumlah penduduk mencapai 3 juta atau lebih, maka lanjut Jajang, jumlah kursi parlemen di Kabupaten Bekasi akan bertambah menjadi 55 kursi.

"Jika benar jumlah penduduk berjumlah 3 juta atau lebih maka sesuai Undang-Undang Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 kursi jadi bertambah," ucapnya.

Disinggung soal penambahan kursi untuk di dapil mana saja, kata Jajang, akan ditentukan berdasarkan sebaran penduduk.

"Ini akan ditentukan mengikuti sebaran penduduk sesuai data dari Dukcapil nanti," katanya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, Hudaya mengatakan, pada semester pertama 2021 jumlah penduduk Kabupaten Bekasi sebanyak 2.936.182 jiwa.

"Untuk data semester dua 2021 belum keluar dari Kemendagri. Insha Allah dalam waktu dekat akan dirilis oleh Kemendagri," kata Hudaya.

Sumber: Tribun bekasi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved