Breaking News:

Berita Nasional

Kepengurusan Baru PBNU Bertabur Tokoh Terkenal, dari Gubernur Hingga Wapres

Sejumlah nama besar mengisi nama-nama kepengurusan PBNU mulai dari Wali Kota hingga Wakil Presiden.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Ichwan Chasani
Warta Kota/Desy Selviany
Ketua Umum PBNU periode 2022-2027, KH Yahya Cholil Staquf saat mengumumkan jajaran kepengurusan PBNU 2022-2027 di Kantor PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/1/2022) 

TRIBUNBEKASI.COM — Organisasi Islam Nadhlatul Ulama mengumumkan kepengurusan baru dalam jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2022-2027.

Sejumlah nama besar mengisi nama-nama kepengurusan PBNU mulai dari Wali Kota hingga Wakil Presiden.

KH Yahya Cholil Staquf didapuk sebagai Ketua Umum PBNU menggantikan Said Aqil Siradj usai terpilih dalam Muktamar NU, bulan Desember 2021 lalu.

Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar mengatakan bahwa berbeda dari kepengurusan sebelumnya, kali ini kepengurusan PBNU lebih gemuk.

Total ada 180 orang yang masuk dalam jajaran kepengurusan PBNU, lebih banyak dibanding kepengurusan sebelumnya yang hanya 150 orang.

Baca juga: Menangi Voting Ketum PBNU, Gus Yahya Peluk KH Said Aqil Siradj

KH Miftachul Akhyar mengatakan, kepengurusan yang gemuk saat ini lantaran melihat situasi dan kondisi terkini masyarakat NU yang semakin kompleks.

"Kalau dihitung hampir ada 200 dari kepengurusan yang ada, karena sesuai kebutuhan," ujar KH Miftachul Akhyar di Gedung PBNU, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (12/1/2022).

Nantinya, kata  KH Miftachul Akhyar, ratusan sosok pengurus PBNU tersebut bukan hanya akan mengurus umat di Indonesia saja, namun juga umat internasional.

KH Miftachul Akhyar mengharapkan kepengurusan periode ini menjadi sebuah organisasi yang bukan hanya besar anggotanya tapi produk-produknya juga untuk kemaslahatan umat di Indonesia dan dunia.

Pada susunan organisasi kali ini, KH Yahya Cholil Staquf dipilih menjadi Ketua PBNU periode 12 Januari 2022 hingga 12 Januari 2027. Sementara Sekjen PBNU dipegang Saifullah Yusuf yang juga merupakan Wali Kota Pasuruan.

Baca juga: Raih Suara Terbanyak, KH Yahya Cholil Staquf Resmi Terpilih sebagai Ketua Umum PBNU

Beberapa tokoh ternama lainnya yang masuk dalam kepengurusan PBNU ialah KH Ma'ruf Amin yang juga Wakil Presiden RI bersama istri mantan Presiden ke-4 RI Abdurachman Wahid (Gus Dur) Hj Sinta Nuriyah yang didapuk menjadi mustasyar PBNU.

KH Miftachul Akhyar yang juga Ketua MUI menjadi Rais Aam PBNU. Lalu ada juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Ketua PBNU.

Sumber: Wartakota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved