Breaking News:

Balap Motor

Ingin Menang di Ajang Street Race Ancol? Pecinta Otomotif Ini Bagikan Tips Jitu Balapan Trek Lurus

terdapat beberapa jenis motor yang biasa dipertandingkan di ajang balapan liar, yakni motor matic, 2 tak, hingga 4 tak.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Dedy
TribunTangerang.com
Motor matic, 2 tak dan 4 tak yang telah dimodifikasi Jawi Autodidak untuk turun dalam arena balap motor. 

TRIBUNBEKASI.COM ---  Ajang pertunjukan street race atau balap liar legal yang diselenggarakan Polda Metro Jaya seri pertama akan berlangsung Minggu (16/1/2022) di Ancol, Jakarta Utara.

Setidaknya, tercatat 350 pembalap telah terdaftar untuk mengikuti kompetisi yang digagas oleh Polda Metro Jaya tersebut.

Menanggapi kegiatan tersebut, salah satu bengkel motor balap yang berada di kawasan Ciledug, Tangerang, yakni Jawi Autodidak, memberikan beberapa penjelasan terkait rakitan motor yang perlu diperhatikan dalam melakukan balapan pada trek lintasan lurus.

Arifin, salah seorang pecinta otomotif yang merakit motornya di bengkel Jawi Automotif menerangkan, terdapat beberapa jenis motor yang biasa dipertandingkan di ajang balapan liar, yakni motor matic, 2 tak, hingga 4 tak.

Baca juga: Jumlah Pembalap Membludak, Street Race Polda Metro Jaya Bakal Digelar Seharian

Baca juga: Jajal Sirkuit Street Race Polda Metro Jaya, Dirlantas Kombes Sambodo Purnomo: Saya Teringat SMA Dulu

Pada motor matic, bagian yang perlu dimodifikasi agar memiliki laju yang cepat adalah kirian, yang menunjukan posisi CVT pada motor matic berada di sebelah kiri.

"Yang dimaksud dari kirian pada motor matic adalah kita meng-upgrade CVT dari motor yang sebelumnya itu standar sesuai bawaan aslinya," ujar Arifin saat diwawancarai Wartakotalive.com, Sabtu (15/1/2022).

"Jadi kita rubah semua dalaman CVT ini, misalnya mengubah ukuran roller, mengganti per dan juga kampas CVT ini. Fungsinya itu agar motor ini dapat menempuh jarak yang kita inginkan dalam perlombaan balapan," imbuhnya.

BERITA VIDEO : JOKOWI TURING MANDALIKA, JAKET CUSTOM BIKIN SALFOK

Sistem pengapian dan knalpot pada motor matic disebut Arifin juga menjadi hal yang tidak kalah penting dalam menjadikan motor agar semakin melesat.

"Pengapian dan mengubah knalpot motor matic juga adalah hal penting agar menjadikan motor semakin cepat larinya pada jalur lurus," kata dia.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved