Breaking News:

Berita Bekasi

Jumlah Pemberangkatan Jemaah Umroh Asal Bekasi Masih Sedikit

Meskipun saat ini sudah diperbolehkan untuk melaksanakan umroh, jumlah jamaah yang berasal dari Kota Patriot masih sedikit.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
Dok. Humas Kemenag
Ilustrasi - Keberangkatan jemaah umroh dari Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (8/1/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN — Kementerian Agama telah memberangkatkan sebanyak 419 jemaah umroh ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi, pada Sabtu (8/1/2022).

Keberangkatan jemaah umroh tersebut merupakan kloter pertama di tahun 2022. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Kasi Penyelengara Haji dan Umroh (PHU), Kementerian Agama Kota Bekasi, Sri Siagawati mengatakan, meskipun saat ini sudah diperbolehkan untuk melaksanakan umroh, jumlah jamaah yang berasal dari Kota Patriot masih sedikit.

"Kalo yang di kita (Kota Bekasi) belum banyak yang diberangkatkan. Saya juga belum bisa memberikan angka pasti," kata Sri Siagawati, Sabtu (15/1/2022).

Dikatakan oleh Sri, bahwa keberangkatan jemaah yang masih cenderung sedikit tak lain karena memang jadwal keberangkatan umroh di tengah pandemi Covid-19 berbeda dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Baca juga: Sudah Lebih 800 Jemaah Umroh yang Berangkat dari Asrama Haji Pondok Gede

Baca juga: Disediakan Doorprize Umroh, Masyarakat Antusias Ikuti Vaksinasi di Polres Karawang

"Kemungkinan faktor kekhawatiran (Covid-19) ada, tapi jemaah yang masih sedikit itu karena dijadwal. Karena ada pandemi, diatur sedemikian rupa jadwal keberangkatannya," katanya.

Merujuk pada surat edaran dari Kementerian Agama (Kemenag) yang ditujukan ke Kanwil Kemenag, bahwa setiap penyelenggara waijb melaporkan rencana keberangkatan jemaah umrah pada aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) dan memberikan tanda pengenal id card jemaah umroh yang dicetak melalui aplikasi Siskopatuh.

"Iya wajib karena dari KMA yang baru itu mereka (penyelenggara) wajib lapor, jamaah ada berapa. Itu nanti di sistem laporannya. Ngak lapor manual. Makanya nanti kita buka sistem Sikopatuh, jadi kita harus lihat data dulu," ujarnya.

Jika berdasarkan sistem, dikatakan Sri untuk wilayah Kota Bekasi baru masuk melaporkan adanya keberangkatan jamaah umroh pada 26 Januari 2022 nanti. Adapun pihak penyelenggaranya berasal dari Travel Nurindo Wisata. 

"Pihak yang sudah lapor ke kita itu, tanggal 26 Januari 2022 ada 110 Jemaah dari Travel Nurindo Wisata. Nanti deh kalo ada perkembangan baru saya sampaikan lagi," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved