Breaking News:

Berita Bekasi

Masih Pandemi, Tahun Ini Klenteng Hok Lay Kiong Bekasi Bakal Rayakan Imlek Secara Sederhana

Untuk masyarakat yang akan melakukan ibadah tetap diperbolehkan dengan menjalankan protokol kesehatan.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Berada di jalan Kenari, Bekasi Timur, Kota Bekasi bediri bangunan ibadah atau Klenteng Hok Lay Kiong yang biasa digunakan oleh umat Tionghoa. Usianya pun kini sudah lebih dari 300 tahun, dan menjadikan Klenteng ini menjadi yang tertua di Kota Bekasi. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI TIMUR — Ketua Yayasan Klenteng Hok Lay Kiong, Ronny Hermawan mengatakan tak menutup kemungkinan Imlek 2022 tahun ini akan dirayakan secara sederhana tanpa adanya perayaan yang berlebihan, mengingat pandemi Covid-19 belum reda benar.

Oleh karena itu, Klenteng Hok Lay Kiong tidak akan menggelar perayaan Imlek yang berlebihan seperti tahun sebelum pandemi.

Namun, untuk masyarakat yang akan melakukan ibadah tetap diperbolehkan dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Imlek kali ini sepertinya akan dilaksanakan secara sederhana, ngak ada rame-rame, cap gomeh pun juga tidak ada gitu kan. Karena kan kita juga masih takut penyebaran virus varian omicron," kata Ronny Hermawan, Sabtu (15/1/2022).

Meskipun digelar secara sederhana, diungkapkan oleh Ronny bahwa masyarakat yang akan melaksanakan ibadah saat perayaan imlek tetap boleh dilakukan di Klenteng, namun tentunya dengan kapasitas dan prokotol kesehatan yang sudah ditetapkan.

Baca juga: Klenteng Tertua di Kota Bekasi Ini Masih Eksis dan Kokoh, Tempat Ibadah Favorit Masyarakat Tionghoa

"Kalo masyarakat mau berdoa, beribadah ya silahkan. Tapi tidak ada rame-rame acara khusus gitu. Sama kayak tahun lalu lah, makannya mudah-mudahan tahun depan Covid-19 sudah hilang jadi kita bisa gelar acara dengan meriah," katanya.

Terkait persiapan Imlek 2022, Ronny mengatakan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan. Apalagi perayaan Imlek 2022 nanti digelar secara sederhana. Namun, beberapa tradisi seperti bersih-bersih altar dan lain-lain.

"Kalo klenteng nanti ada ritual membersihkan altar, membersihkan patuh dewa. Sama pasang beberapa ornamen itu saja. Kemungkinan ini akan kita lakukan minggu depan lah," ucapnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved