Berita Bekasi

Puskesmas di Kota Bekasi Bakal Jadi Tempat Isolasi Jika RS dan Stadion Patriot Penuh Pasien Covid-19

Jika BOR di Rumah Sakit itu melebihi kapasitas, maka akan menggunakan Stadion Patriot sebagai lokasi tambahan untuk isolasi.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
PLT Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menerima kunjungan tim WartaKota Network-TribunBekasi.com di ruang kerjanya, Jumat (4/2/2022). Pada kesempatan itu Tri mengemukakan Pemerintah Kota Bekasi berencana menjadikan puskesmas-puskesmas di Kota Bekasi menjadi tempat isolasi pasien Covid-19. Rencana itu dilakukan jika kasus Covid-19 di Kota meningkat drastis dalam beberapa waktu kedepan. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN --- Pemerintah Kota Bekasi berencana menjadikan puskesmas-puskesmas di Kota Bekasi menjadi tempat isolasi pasien Covid-19.

Rencana itu dilakukan jika kasus Covid-19 di Kota meningkat drastis dalam beberapa waktu kedepan.

"Kami juga mempercepat puskesmas puskesmas yang kemarin baru di bangun dan kita upayakan percepatannya dan ruang-ruangnya kita siapkan sebagai tempat isolasi mandiri kalo memang itu diperlukan," kata Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto, Jumat (4/2/2022).

Terkait penggunaan Puskesmas-puskesmas yang ada ada di Kota Bekasi sebagai tempat isolasi pasien Covid-19, Tri menyebut masih melihat perkembangan kasus Covid-19 di Kota Bekasi kedepannya termasuk bed ocuppancy rate (BOR) Rumah Sakit.

Baca juga: Swab Test Antigen Covid-19, Dua Tahanan Polsek Kembangan Terkonfirmasi Positif Terpapar Virus Corona

Baca juga: Gawat, Penambahan Kasus Covid-19 di Karawang Meningkat Cepat, Aep Syaepuloh Curiga Akibat Omicron

Saat ini, menurut Tri pihaknya masih mengandalkan RSUD Chasbullah Abdulmadjid, Rumah Sakit Swasta, dan Rumah Sakit Tipe D, sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Jika BOR di Rumah Sakit itu melebihi kapasitas, maka akan menggunakan Stadion Patriot sebagai lokasi tambahan untuk isolasi.

"Nanti kita siapkan rumah sakit cadangan kita di  Stadion Patriot Chandrabaga. Jika itu kurang, sebelum itu juga ada rumah sakit tipe D. Setelah itu baru di level puskesmas. Artinya ya puskesmas pilihan terakhir lah," ujarnya.

BERITA VIDEO : KODAM JAYA SIAPKAN DUA RUSUN ANTISIPASI LONJAKAN COVID-19

Sementara itu berdasarkan data Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi, pada Kamis (3/2) total kasus aktif tercatat mencapai 7.223 kasus yang tersebar di 56 Kelurahan di Kota Bekasi.

Dimana terjadi kenaikan kasus baru Covid-19 pada Rabu (3/2) yaitu sebanyak 2.174 kasus. Dimana hal ini menjadi puncak tertinggi temuan kasus baru Covid-19 di Kota Bekasi, disaat terjadi gelombang pertama dan kedua. 

Keterisian tempat tidur rumah sakit masih aman

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengungkapkan kondisi bed ocuppancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur  Rumah Sakit di Kota Bekasi mencapai 45 persen, seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Patriot itu.

"Untuk BOR sekarang ini di kisaran 40 persen lah. Kemarin 41 persen dan sekarang mungkin ada penambahan 43-45 persen," kata Tri Adhianto, Jumat (4/2/2022).

Meski hampir mendekati angka 50 persen. Namun politikus PDP-Perjuangan itu menyebut kondisi BOR di Rumah Sakit di Kota Bekasi masih dalam kondisi aman, oleh karena itu pihaknya meminta masyarakat Kota Bekasi untuk tidak perlu panik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved