Berita Karawang

Tahun Ini, Ada Empat Titik Jalan Rusak di Karawang yang Bakal Diperbaiki

Empat titik jalan rusak itu akan diperbaiki Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar, Dinas PUPR Karawang dan konsorsium CSR perusahaan.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh di Pemda Karawang. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Sebanyak empat titik jalan rusak di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat bakal diperbaiki pada tahun 2022 ini.

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menerangkan, empat titik kerusakan jalan itu akan diperbaiki oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karawang maupun Konsorsium CSR Perusahaan.

"Jadi ada pekerjaan yang dilakukan provinsi jabar, ada dari kami Pemda Karawang dan konsorsium perusahaan atau dana CSR," kata Aep.

Untuk jalan kewenangan Provinsi Jawa Barat yang akan diperbaiki yakni Jalan Tanjung Pura sampai Rengasdengklok. Akan tetapi perbaikannya tidak semua, dan dilakukan secara bertahap.

Lalu, Dinas PURP Karawang akan memperbaiki jalan rusak di Jalan Interchange Karawang Barat. Selain diperbaiki juga akan dilakukan pelebaran jalan sepanjang 180 meter sesuai Right of way (ROW) 40 meter mulai dari Sidangreret sampai Masjid Muhammadiyah.

Baca juga: Segera Perbaiki Akses Tol Karawang Timur, Pemkab Karawang Gunakan Dua Metode Pembiayaan

Baca juga: Banyak Keluhan Masyarakat Soal Jalan Rusak, Bupati Karawang Sebut Bukan Semua Kewenangannya

"Untuk yang lainnya perbaikannya secara leveling saja, penambahan ada 5 cm ada yang 8 cm," ungkap dia.

Aep melanjutkan, selain Karawang Barat perbaikan jalan juga akan dilakukan di Karawang Timur. Jalan eksisting akan diperbaiki menggunakan APBD Kabupaten Karawang. Akan tetapi jalan kanan kirinya berikut salurannya akan diperbaiki oleh konsorsium perusahaan.

"Untuk Interchange Karawang Barat sama Karawang Timur sebetulnya kewenangan Jasa Marga dan pusat. Tapi kita sudah dapat izin boleh melakukan perbaikan," imbuh dia.

Aep menambakan satu lagi titik jalan rusak yang akan diperbaiki pada 2022 ini yakni jalan Cidomba-Perempatan Surya Cipta. Perbaikan jalan kewenangan provinsi itu sebetulnya tidak masuk agenda pengerjaan Provinsi Jawa Barat.

Akan tetapi karena kondisinya mendesak dan sangat dibutuhkan perbaikan. Jalan rusak itu akan diperbaiki menggunakan pembiayaan dari konsorsium perusahaan atau dana CSR.

"Jalan Cidomba Insya Allah dikerjakan bulan tiga oleh teman-teman konsorsium oleh Surya Cipta, KIM KIC, Peruri dan zona-zona kawasan industri lainnya," tandasnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved