Covid19

Polres Karawang Giatkan Patroli Razia Prokes dan Imunisasi Covid-19

Polres Karawang melakukan razia protokol kesehatan, sebagai upaya menekan penularan Covid-19.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Polres Karawang melakukan razia protokol kesehatan, sebagai upaya menekan penularan Covid-19. Keterangan foto: Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG -- Polres Karawang melakukan patroli razia protokol kesehatan (prokes) skala besar, di sejumlah titik wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Razia prokes ini dilakukan karena jumlah kasus aktif Covid-19 di Karawang sudah lebih dari 700. Diduga lonjakan ini akibat varian Omicron.

Kapolres Karawang, AKBP Aldi Subartono, menjelaskan, pihaknya bersama Koramil, puskesmas, dan pemangku kepentingan (stake holder) lainnya juga melakukan kegiatan vaksinasi dan mengingatkan masyarakat soal prokes ini.

"Untuk vaksinasi sendiri serentak dilaksanakan oleh puskesmas, polsek, koramil dan para stakeholder, yang bersama-sama membantu pelaksanaan vaksinasi," ujar Aldi kepada TribunBekasi.com pada Kamis (10/2/2022).

Membagikan masker

Aldi melanjutkan, patroli razia prokes itu dilakukan dengan berkeliling di kawasan Karawang Kota, Klari, dan Cikampek.

Dalam patroli itu aparat akan mengimbau, mengingatkan, dan menegur masyarakat yang tidak disiplin prokes.

Pihaknya juga membagikan masker kepada masyarakat yang kedapatan tidak mengenakan masker.

"Melaksanakan kegiatan pembagian masker dan woro-woro prokes di beberapa titik keramaian, salah satunya ialah di Pasar Cikampek," ucapnya.

Di Pasar Cikampek, diakui Aldi, banyak masyarakat yang beraktivitas tanpa masker. Untuk itu, mereka diberikan masker dan diimbau agar terus disiplin prokes, utamanya menggunakan masker.

"Di sana kami membagikan masker dan mengimbau agar warga prokes. Untuk masker yang kami bagikan lumayan banyak (jumlahnya) kurang lebih sekitar 500," kata Aldi.

Baksos

Di sela-sela kegiatan latroli, Aldi menambahkan pihaknya melaksanakan bakti sosial (baksos) dengan memberikan sembako dan kursi roda kepada masyarakat yang membutuhkan.

Diharapkan baksos itu menjadi tali asih dan dapat meringankan beban warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Aldi kembali menegaskan agar masyarakat tidak kendur prokes, sebab peningkatan kasus di Karawang sangat tinggi. Masyarakat yang belum imunisasi juga dimintanya untuk segera mendapatkan vaksin Covid-19.

Vaksin ini sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh demi kesehatan diri sendiri, keluarga, dan orang lain.

"Kami tetap mengimbau kepada masyarakat Karawang bahwa Covid-19 ini masih ada. Mari tetap kita prokes, dan mari kita melaksanakan vaksinasi baik dosis 1, 2 ataupun booster, yang sudah tersedia di beberapa titik baik itu oleh Pemda, Kepolisian, TNI, juga oleh para stakeholder lainnya," tandas Aldi.

Berdasarkan data terakhir dari Dinas Kesehatan Karawang, kasus aktif Covid-19 di Karawang sebanyak 760 orang, dengan rincian 69 orang menjalani perawatan di rumah sakit, dan 691 orang isolasi mandiri.

Pasien meninggal bertambah satu sehingga angka total menjadi 1.872 orang sejak Maret 2020.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved