Umrah

Umrah Ramadan 1443 H Terbuka bagi Jemaah Internasional Termasuk Indonesia

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyatakan jemaah internasional bisa melakukan ibadah umrah pada Ramadan 1443H.

Penulis: AC Pinkan Ulaan | Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter Reasah Alharmain
Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyatakan jemaah internasional bisa melakukan ibadah umrah pada Ramadan 1443H. Keterangan foto: (ilustrasi) Petugas lembaga tinggi yang menaungi dua Masjid Suci memeriksa marka pembatas jarak antar-jemaah, Kamis (13/1/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM -- Ada kabar baik datang dari Arab Saudi untuk umat Muslim yang sudah kangen umrah.

Sebagaimana diwartakan Ummid.com, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengizinkan jemaah internasional berumrah pada bulan Ramadan besok.

Kebijakan itu juga dipastikan lewat pengumuman di Twitter Haramain Sharifain, bahwa dua Masjid Suci terbuka bagi jemaah internasional selama Ramadan 1443H.

Pemerintah negara di jazirah Arab itu sebelumnya juga mengumumkan awal Ramadan 1443H di negara tersebut diperkirakan pada 2 April 2022 waktu setempat.

Namun kepastiannya akan diumumkan setelah pengamatan hilal pada 1 April 2022.

Berkaitan dengan terbukanya ibadah umrah bulan Ramadan 1443H, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga mengumumkan bahwa anak-anak juga diizinkan datang.

Asal mereka sudah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap, atau dua kali vaksinasi.

Proses pendaftaran ibadah umrah juga masih menggunakan aplikasi Tawakkalna, di mana pendaftaran dilakukan secara digital dan seluruh persyaratan diunggah secara digital.

Lewat aplikasi ini emohon juga bisa menentukan tanggal dan waktu kunjungannya melakukan ritus umrah, lewat menu Gerbang Manasik.

Melalui sistem Tawakkalna ini, Kementerian Haji dan Umrah bisa mengatur jumlah jemaah di sebuah lokasi dalam waktu bersamaan, sehingga tidak terjadi kerumunan massa yang meningkatkan poteksi penularan Covid-19.

Pihak Kementerian sendiri telah menetapkan kuota 60.000 jemaah melakukan ritus umrah dalam waktu bersamaan.

Ditetapkan pula batas waktu melakukan ritus adalah 2 jam untuk setiap kelompok jemaah.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved