Berita Karawang

Begini Cerita Nahkoda Kapal Nelayan Putra Barokah Asal Indramayu yang Sempat Hilang Kontak Dua Hari

besoknya (Jumat) satu hari dapat buat makan aja mesin kapal mati, engga lama itu starter kapal juga mati makanya hilang sinyal,"

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy
TribunBekasi.com
Personil Polair Polres Karawang dan Polda Jawa Barat melakukan proses evakuasi KapalMotor (KM) Putra Barokah SN yang sempat hilang kontak selama dua hari, pada Selasa (8/3/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG ---- Kapal Nelayan Putra Barokah SN Asal Indramayu yang sempat hilang kontak sejak dua hari ditemukan di perairan Sedari Karawang, pada Selasa (8/3/2022).

Kapal itu ditemukan dalam kondisi baik atau tidak karam, akan tetapi mengalami rusak mesin. 19 awak kapal termasuk nahkoda juga ditemukan dalam keadaan selamat.

Daspan (40) nahkoda kapal nelayan itu mengungkapkan, berangkat dari Indramayu untuk melaut pada dari Pelabuhan TPI KUD Misayamina Eretan Wetan, Kabupaten Indramayu pada Kamis (3/3/2022) pukul 13.00 WIB.

Akan tetapi baru saja menangkap ikan sehari tiba-tiba mesin kapal mengalami kerusakan.

Baca juga: Kondisi Air Pasang Surut, Kapal Nelayan Putra Barokah SN Hilang Kontak Dievakuasi ke Blanakan Subang

Baca juga: Proses Evakuasi Kapal Hilang Kontak di Perairan Karawang: Tim Cari ke Lokasi Terakhir Sinyal Hilang

"Kamis siang itu berangkat kami menuju ke tengah melaut, besoknya (Jumat) satu hari dapat buat makan aja mesin kapal mati, engga lama itu starter kapal juga mati makanya hilang sinyal," katanya saat diwawancara di atas kapal pada Selasa (8/3/2022).

Dia melanjutkan, mesin kapal mengalami kerusakan dan aki untuk kelistrikan juga mengalami kerusakan.

Sehingga pada Minggu, 6 Maret 2022 menekan tombol SOS meminta pertolongan. Jangkar kapal pun dipasangnya sambil menunggu pertolongan.

"Tiba-tiba kita coba-coba terus distarter ditarik pakai tambang hidup mesinnya, langsung dicas akinya," imbuh dia.

BERITA VIDEO : PROSES EVAKUASI KAPAL HILANG KONTAK DI PERAIRAN KARAWANG

Selama dua hari hilang kontak, kata Daspan, dia bersama 18 awak kapal lainnya makan dan minum dari persediaan yang dibawanya sebelum melaut.

Selain itu juga memakan ikan dari hasil tangkapan tersebut.

"Buat makan ya kan bawa bekal ukuran cukup buat 10 hari. Ini mesin sudah mulai bisa nyala lagi tapi engga bisa dimatiin takutnya susah dinyalain lagi, ini juragan suruh ke Blanakan Subang bersandarnya," tandasnya.

Kapal Nelayan Putra Barokah SN yang sempat hilang kontak selama dua hari akhirnya dievakuasi ke dermaga Blanakan Subang, Jawa Barat.

Baca juga: Sehari Lakukan Pencarian, Tim SAR Temukan Nelayan Muara Gembong Tenggelam di Sungai Citarum

Awalnya, kapal motor nelayan itu akan dievakuasi ke wilayah Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Karawang tepat di Marnit Patroli Ciparage Pol Airud Polda Jawa Barat. Akan tetapi karena kondisi air pasang surut sehingga kapal tidak bisa masuk ke muara sungai tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved