Berita Karawang

Kondisi Air Pasang Surut, Kapal Nelayan Putra Barokah SN Hilang Kontak Dievakuasi ke Blanakan Subang

"Ya memang kondisi mesinnya belum sepenuhnya normal, makanya kami tadi tegaskan ke mereka untuk segera ke darat jangan memaksakan melaut," beber dia.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dedy

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG --- Kapal Nelayan Putra Barokah SN yang sempat hilang kontak selama dua hari akhirnya dievakuasi ke dermaga Blanakan Subang, Jawa Barat.

Awalnya, kapal motor nelayan itu akan dievakuasi ke wilayah Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Karawang tepat di Marnit Patroli Ciparage Pol Airud Polda Jawa Barat.

Akan tetapi karena kondisi air pasang surut sehingga kapal tidak bisa masuk ke muara sungai tersebut.

"Kita melaksanakan evakuasi menggiring kapal itu ke darat, rencananya kita tadi ke muara ke kantor Polair di Ciparage tapi karena situasi alam yang lagi pasang surut jadi tidak bisa masuk muara terpaksa kita arahkan masuk ke Blanakan Subang," kata Kasat Polair Polres Karawang, AKP Zulkifli Sitorus saat diwawancarai di kantornya pada Selasa (8/3/2022).

Baca juga: Proses Evakuasi Kapal Hilang Kontak di Perairan Karawang: Tim Cari ke Lokasi Terakhir Sinyal Hilang

Baca juga: BREAKING NEWS: Kapal Hilang Kontak Selama Dua Hari Akhirnya Ditemukan di Tanjung Sedari Karawang

Dia menerangkan, sebanyak 19 awak kapal dalam keadaan sehat. Kondisi mesin kapal itu juga sudah kembali berfungsi, setelah sebelumnya mengalami kerusakan.

"Ya memang kondisi mesinnya belum sepenuhnya normal, makanya kami tadi tegaskan ke mereka untuk segera ke darat jangan memaksakan melaut," beber dia.

Dia menambahkan, kapal itu sekira pukul 16.00 WIB telah menuju ke wilayah Blanakan Subang. Pihaknya juga terus berkomunikasi dengan nahkoda kapal untuk memastikan sampai tujuan.

BERITA VIDEO : KAPAL HILANG KONTAK DITEMUKAN DI TANJUNG SEDARI KARAWANG

"Jadi kami terus stanby dan komunikasi dengan nahkoda, bahkan koordinasi petugas yang di wilayah Subang. Keluarga mereka juga menunggu di sana," imbuh dia.

Personil Polair Polres Karawang dan Polda Jawa Barat melakukan proses evakuasi Kapal Motor (KM) Putra Barokah SN yang sempat hilang kontak selama dua hari, pada Selasa (8/3/2022).

Diketahui ternyata kapal penangkap ikan asal Indramayu itu rusak mesin sehingga mengalami hilang kontak dan mengirimkan sinyal SOS.

Setelah dua hari akhirnya, kapal itu ditemukan di perairan Sedari Karawang dam 19 awak kapal ditemukan selamat.

Wartakotalive.com yang ikut dalam proses evakuasi bersama Kasat Polair Polres Karawang, AKP Zulkifli Sitorus personil menggunakan dua speedboat polisi air mendatangi lokasi ditemukannya kapal tersebut.

Awalnya, kapal itu dari titik penemuan di perairan Sedarai dikawal speedboat untuk menuju ke perairan Ciparage.

Akan tetapi, nahkoda beserta awak kapal lainnya menolak untuk dievakuasi ke Marnit Patroli Ciparage Pol Airud Polda Jawa Barat.

Selain itu juga kapal itu tidak bisa bersandar lebih dekat di muara Ciparage karena pasang surut.

Akhirnya, kapal itu yang bisa hidup kembali mesinnya memilih menuju ke pantai Blanakan Subang. 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved