Covid19

Kadinkes Kota Bekasi Sambut Baik Rencana Pemerintah Transisi dari Pandemi ke Endemi

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, senang Indonesia sudah memasuki masa transisi menuju endemi Covid-19.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
TribunBekasi.com/Joko Supriyanto
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, senang Indonesia sudah akan memasuki endemi Covid-19. 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Pemerintah Republik Indonesia (RI) tengah menyiapkan protokol endemi Covid-19.

Saat ini pun Pemerintah sudah melakukan transisi menuju endemi Covid-19, dengan melonggarkan beberapa peraturan di masa pandemi. Apalagi saat ini kasus Covid-19 dalam tren penurunan.

Masa transisi ini disambut baik oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati.

Dia yakin, para pakar penyakit di Kementerian Kesehatan telah melakukan analisis kondisi pandemi saat ini.

"Kalau menurut saya, itu kan para pakar di sana juga bukan orang sembarangan. Para pakar para ahli Epidemiologi pastinya sudah lakukan suatu analisis, telaah secara epidemiologi, sehingga apa yang dikeluarkan menjadi kebijakan terbaik untuk Indonesia," kata Tanti Rohilawati, Kamis (10/3/2022).

Kesembuhan tinggi

Menurut Tanti, kasus Covid-19 varian omicron memang penyebarannya cukup tinggi. Namun di balik penyebaran yang tinggi itu tingkat kesembuhan pun juga tinggi.

Karena itu masyarakat pun tidak resah dengan adanya varian omicron ini.

"Inilah yang (membuat) kami sedikit lega, karena bagaimanapun juga dari kasus yang ada, tingkat kesembuhannya 80 persen. Ini yang membuat kami tidak khawatir," katanya.

Arahan Presiden

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa Pemerintah tengah menyiapkan protokol, untuk mengubah status pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Hal ini, kata Budi, berdasarkan arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Kami dapat arahan dari Presiden, atas masukan menteri koordinator mengenai strategi dari pandemi jadi endemi. Kami sudah siapkan protokolnya," ujar Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (27/2/2022).

Akan tetapi, Budi tidak menyebutkan langkah seperti apa yang akan diambil dalam penyusunan protokol untuk mengubah pandemi jadi endemi di Indonesia.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved