Berita Otomotif

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama yang Dirakit di Indonesia, Pabriknya Ada di Bekasi

Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meluncurkan mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia dalam kunjungan kerjanya ke pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat, pada Rabu (16/3/ 2022). 

TRIBUNBEKASI.COM — Usai melepas puluhan pembalap internasional yang akan berlaga di Sirkuit Mandalika, Presiden Joko Widodo meluncurkan mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia.

Peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia itu dilakukan dalam kunjungan kerjanya ke pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (16/3/ 2022).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia.

"Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya terutama industri baterai," ujar Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Hyundai meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5 yang dirakit di Indonesia untuk memenuhi pasar Indonesia maupun ekspor.

Baca juga: Jokowi Bocorkan Obrolannya Bareng Marc Marquez sebelum Parade MotoGP

Baca juga: Sebanyak 60 Ribu Tiket MotoGP Ludes Terjual, Jokowi Bakal Tambah Lagi di Event Berikutnya

Presiden Jokowi berharap peluncuran mobil listrik tersebut menjadi tonggak sejarah penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

"Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5 ini akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, memacu pengembangan mobil listrik yang makin canggih dan diminati," katanya..

Momen peluncuran mobil listrik ini, lanjut Kepala Negara, juga merupakan momen yang ditunggu-tunggu karena pemerintah ingin segera melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan. 

"Ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama kita, termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara, Nusantara," ujarnya.

Presiden juga menegaskan bahwa Indonesia harus menjadi pemain penting dalam rantai pasok global di industri mobil listrik. Menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik. 

Baca juga: Jokowi Lemas Tidak Dibolehkan Ikut Konvoi dengan Pembalap Internasional

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved