Berita bisnis

Tekan Biaya Logistik, PT Pos Indonesia dan Sentral Cargo Bangun Ekosistem Logistik Digital

PT Pos Indonesia dan PT Sentral Cargo menandatangani kesepakatan kerja sama, untuk perluas pangsa pasar dan menekan biaya layanan.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Rangga Baskoro
Faisal Rochmad Djoemadi (kiri) selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) dan Direktur Utama Sentral Cargo, Okie Octavia Kurniawan (tengah) saat acara penandatangan kerja sama., Rabu (16/3/2022) 

TRIBUNBEKASI.COM, TAMBUN SELATAN -- PT Pos Indonesia untuk pertama kalinya menjalin kerja sama dengan pihak swasta, dalam upaya memperluas pangsa pasar dan menekan biaya pelayanan logistik.

Faisal Rochmad Djoemadi selaku Direktur Utama PT Pos Indonesia mengatakan, kerja sama yang dijalin saat ini dengan merangkul Sentral Cargo, untuk melahirkan ekosistem logistik digital  pertama di Indonesia.

"Melalui kerja sama kedua belah pihak, kolaborasi ini akan menjadi titik awal kolaborasi dua perusahaan logistik untuk menekan biaya logistik, agar lebih efisien dan meluas jangkauannya," ucap Faisal dalam seremoni penandatanganan kerja sama, di PT Pos Logistik Indonesia BO Bekasi, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Rabu (16/3/2022).

Menekan biaya layanan

Faisal menambahkan ekosistem logistik digital  ini nantinya akan menggabungkan beberapa layanan, seperti kurir retail, logistik, dan kargo.

Nantinya, semua layanan menjadi satu dalam sebuah platform terintegrasi. Layanan ini akan memudahkan masyarakat menggunakan jasa pengiriman.

Kolaborasi perusahaan ekspedisi besar di Indonesia ini akan menekan biaya logistik di Indonesia, yang masih cukup tinggi.

Data tahun 2018 menunjukkan, biaya logistik Indonesia menempati posisi teratas di wilayah ASEAN. Survei Bank Indonesia, biaya logistik Indonesia sebesar 23 hingga 24 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

"Kolaborasi ini golnya adalah efisiensi biaya logistik di Indonesia, karena saat ini biaya logistik kita masih cukup tinggi. Ini akan menjadi kekuatan besar untuk menekan biaya logistik kita," ucap Faisal.

Sementara itu, Direktur Utama Sentral Cargo, Okie Octavia Kurniawan, mengharapkan kerja sama yang terjalin bisa menciptakan ekosistem yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak

"Bagi kami kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan performa kami. Jadi secara spesifik ada beberapa poin kerja sama yang kami lakukan, seperti pos kilat khusus, pos ekspres, dan warehousing," tandas Okie.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved