Berita Karawang

Sebelum Habis Masa Jabatan, Bupati Cellica Ingin Seluruh Puskesmas Punya Ruang Rawat Inap

Bupati Karawang dua periode itu menyebut kehadiran layanan rawat inap di Puskesmas sangat membantu masyarakat dalam menjangkau layanan kesehatan.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG — Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana menginginkan agar seluruh layanan di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) di Kabupaten Karawang memiliki ruang rawat inap.

Saat ini dari 50 Puskesmas di Karawang, sudah ada 36 Puskesmas diantaranya yang memiliki ruang rawat inap.

"Tentu itu layanan rawat inap di Puskesmas ini ditargetkan semuanya sudah ada. Itu jadi target Pemkab Karawang, khususnya aku bentar lagi habis," kata Cellica baru-baru ini.

Bupati dua periode itu menyebut kehadiran layanan rawat inap di Puskesmas sangat membantu masyarakat dalam menjangkau layanan kesehatan.

Sehingga masyarakat yang sakit perlu rawat inap tidak perlu jauh-jauh ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Baca juga: Banyak Anak Muda Masuk dan Daftar Bacaleg, PKB Karawang Optimis Raih 15 Kursi

Baca juga: Malam Puncak HPN Tingkat Jabar, Bupati Cellica Raih Penghargaan Ajen Pangaping

"Jadinya enggak perlu datang ke RSUD Karawang, bisa penuh nanti. Kalau penyakit tropis seperti demam berdarah, tifus, pusing-pusing sedikit, bisa ke Puskemas," beber dia.

Sehingga peran Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan terdekat aksesnya dengan masyarakat bisa lebih ditingkatkan.

"Tentunya selain peningkatan fasilitas pelayanan, juga peningkatan kualitas sumber daya manusia di Puskesmas ditingkatkan," tandasnya.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang dicanangkan menjadi rumah sakit rujukan di Jawa Barat.

RSUD Karawang menjadi kandidat kuat menggantikan posisi Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung yang akan menjadi rumah sakit rujukan nasional.

Baca juga: Pemkab Karawang Naikan NJOP, Bapenda: Wajar Sudah Sembilan Tahun Tidak Naik

Baca juga: Justin Bieber Gelar Konser di GBK, Wagub DKI Pastikan Terapkan Prokes Cegah Covid-19

Terkait hal itu, sejumlah persiapan telah dilakukan RSUD Karawang mulai dari peningkatan fasilitas pelayanan, hingga penambahan layanan kesehatan agar sesuai standar sebagai rumah sakit rujukan tingkat Provinsi Jawa Barat.

Plt Dirut RSUD Karawang, dr. Fitra Hergyana mengatakan manajemen sedikit demi sedikit terus berbenah baik dari segi pelayanan kesehatan maupun yang sifatnya administratif.

Ditambah lagi, kata dr. Fitra, RSUD Karawang saat ini telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat guna memperkaya fasilitas rumah sakit. Maka, progres peningkatan kualitas ini harus terus dilakukan.

"Tentunya hal ini semakin mendorong kami untuk meningkatkan kompetensi pegawai kami. Insya Allah peningkatan kompetensi SDM ini rencananya akan kami lakukan secara terprogres, kami sedang persiapkan pelatihan SDM bagi pegawai-pegawai kami, agarmutu pelayanan dan kenyamanan pasien juga bisa terus ditingkatkan," tuturnya. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved