Berita Bekasi

Wisata Edukasi Agrobisnis Dinilai Cocok Diterapkan di Desa Wisata Wanajaya, ini Alasannya

Wisata edukasi agrobisnis dinilai cocok diterapkan di desa wisata di Desa Wanajaya.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Rangga Baskoro
Wisata edukasi agrobisnis dinilai cocok diterapkan di desa wisata di Desa Wanajaya. Keterangan foto: Salah satu atraksi Pesona Wanajaya, wahana halang-rintang untuk sepeda BMX. 

TRIBUNBEKASI.COM, CIBITUNG -- Vany Hermawan, Pengelola Pokdarwis Pesona Wanajaya, mengapresiasi rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi yang ingin membangun desa wisata di Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.

Upaya tersebut dinilainya bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di kawasan yang minim lapangan pekerjaan.

"Kami tentu bersyukur ya, karena kalau digali lebih dalam sebenarnya banyak potensi yang bisa dijadikan wisata di Wanajaya. Dengan begitu perekonomian masyarakat juga akan tumbuh nantinya," kata Vany pada Minggu (27/3/2022).

Edukasi agrobisnis

Menurut Vany, wisata edukasi agrobisnis sangat cocok apabila diterapkan di Desa Wanajaya, seperti beberapa atraksi yang telah didirikan di dalam kawasan Pesona Wanajaya.

"Ke depan, isu yang menjadi penting adalah ketahanan pangan. Untuk itu tentunya diperlukan edukasi bagi anak-anak sehingga segi pertanian tidak ditinggalkan, tapi malah bisa berevolusi dengan cara melakukan inovasi," katanya.

Masih banyak lahan kosong di Kampung Rawalele Timur yang bisa dijadikan lokasi acuan, sehingga memudahkan integrasi sejumlah titik atraksi.

Perbaikan infrastruktur

Oleh sebab itu Vany mengharapkan dukungan nyata dari Pemkab Bekasi, seperti perbaikan akses jalan dan infrastruktur pendukung dari dan menuju Desa Wanajaya.

"Karena percuma kan kalau sudah dibikin bagus-bagus tapi aksesnya masih susah dan masih gelap. Pengunjung jadinya khawatir kalau mau ke sini. Terutama penerangan jalan umum (PJU), kalau bisa diperbanyak dulu," ujar Vany.

Perbaikan akses jalan dan infrastruktur lainnya, kata Vany, akan berujung kepada naiknya minat masyarakat untuk datang berkunjung, sehingga perekonomian masyarakat di sekitar Desa Wanajaya ikut tumbuh.

"Yang tak kalah penting, harus dibantu promosinya juga. Jadi banyak orang yang tahu bahwa Desa Wanajaya ada banyak wisata edukasinya," tuturnya.

Saat ini Pesona Wanajaya sudah kondang di komunitas sepeda BMX, dirtjump, dan motorcross, karena mereka memiliki trek untuk olahraga ektrem tersebut.

Namun ada pula taman dengan beberapa spot foto-foto yang menarik alias instagramable.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved