Berita Nasional

Rencana Demo Mahasiswa, Menkominfo Sebut Pemerintah sedang Fokus Atasi Dampak Perang Rusia-Ukraina

Tanggapi mengenai rencana demonstrasi mahasiswa, Menkominfo Johnny G Plate sebut pemerintah tengah fokus atasi dampak perang Rusia-Ukraina.

Editor: Panji Baskhara
Biro Humas Kementerian Kominfo/AYH
Tanggapi mengenai rencana demonstrasi mahasiswa, Menkominfo Johnny G Plate sebut pemerintah tengah fokus atasi dampak perang Rusia-Ukraina. 

TRIBUNBEKASI.COM - Sejumlah mahasiswa di berbagai wilayah berencana akan menggelar demonstrasi.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan dua arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna tanggal 5 April 2022 lalu.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyatakan, presiden menekankan agar jajaran Kabinet Indonesia Maju fokus memulihkan perekonomian.

Baik itu akibat dari pandemi Covid-19 dan perang Rusia-Ukraina.

Diakui Johnny, pemerintah sangat menghargai akan rencana aksi mahasiswa yang menjadi bagian dari kebebasan menyampaikan pendapat.

"Selain menyampaikan dan memerintahkan untuk fokus kepada pekerjaan yang mengatasi berbagai masalah dalam negeri yang luar biasa sulit."

"Presiden Jokowi juga menegaskan agar tidak lagi membicarakan yang berkaitan dengan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden," ujarnya, saat menyampaikan Perkembangan Situasi Terkini di Rumah Dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan, Minggu (10/04/2022). 

Johnny menyatakan Presiden juga telah menyampaikan hal itu di media sosial dan digital kepada masyarakat.

“(Soal penundaan dan perpanjangan masa jabatan presiden), ini sudah cukup jelas yang disampaikan kepada para menteri dan dimengerti, dipahami betul oleh para menteri."

"Setelah itu, saya kira kita juga sama-sama tahu bahwa juga disampaikan melalui media sosial dan digital kepada masyarakat," ujarnya.

Soal rencana aksi dan tuntutan mahasiswa yang berkaitan dengan hal itu, Johnny menegaskan, posisi pemerintah sesuai dengan arahan Kepala Negara sudah cukup jelas.

Sehingga apabila masih ada tuntutan dari mahasiswa terkait dengan hal tersebut, maka perlu dikomunikasikan dengan baik.

"Dari sisi pemerintah seperti yang disampaikan oleh Pak Menko Polhukam, Pemerintah sangat menghormati dan menjaga kebebasan pers, kebebasan berserikat, kebebasan menyampaikan pendapat, itu dijaga."

"Demonstrasi adalah bagian dari keterbukaan ekspresi kebebasan tersebut. Namun saat ini, tuntutan kita begitu tinggi untuk menjaga masalah dalam negeri kita, untuk menjaga perekonomian kita,” jelasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved