Berita Bekasi

Jelang Mudik Dishub Kota Bekasi Gelar Ram Check Bus di Terminal Bekasi 

Ram check tersebut dilakukan untuk memastikan kelaikan bus untuk melayani penumpang menjelang mudik Lebaran.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com/Joko Supriyanto
Petugas Dishub Kota Bekasi tengah melakukan pemeriksaan ram check dan pemasangan stiker pada bus di Terminal Bekasi menjelang mudik lebaran. 

TRIBUNBEKASI.COM,BEKASI TIMUR — Dinas Perhubungan Kota Bekasi menggelar ram check atau pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat kendaraan secara random beberapa bus yang ada di Terminal Kota Bekasi, Rabu (13/4/2022).

Ram check tersebut dilakukan untuk memastikan kelaikan bus untuk melayani penumpang menjelang mudik Lebaran.

Pantauan TribunBekasi.com dalam pemeriksaan ram cek ini turut hadir dari petugas pemeriksaan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) didampingi beberapa petugas Dishub di Kota Bekasi.

Dalam pemeriksaan itu, petugas melakukan pemeriksaan secara random. Sehingga tidak semua bus dilakukan pemeriksaan ram cek oleh petugas.

Bahkan pelaksanaan ram cek yang sudah dilakukan, Dishub Kota Bekasi mengklaim 92 persen sudah laik jalan.

Baca juga: Cegah Kecelakaan Bus, Dishub Karawang Bakal Ram Check di Terminal Klari pada H-10

Baca juga: Kronologi Kasus Pengeroyokan oleh Putra Siregar dan Rico Valentino, Berikut Penjelasan Polisi

"Kami sudah melaksanakan ramcek. Alhamdulillah hampir 92 persen lulus semua atau layak jalan semua. Ini masih terus berjalan," kata Kabid Pengendalian Operasional Dishub Kota Bekasi, Ikhwanuddin, Rabu (13/4/2022).

Dikatakan Ikhwanuddi, dalam pelaksanaan pemeriksaan kelaikan bus di Terminal Bekasi ada beberapa poin yang diperiksa. Diantaranya pemeriksaan sistem kemudi, memastikan sistem kemudi dalam kondisi baik. Selain itu juga pemeriksaan sistem rem bus tersebut.

"Hal yang paling penting itu sistem kemudinya sistem remnya, itu yang paling nyata, tapi untuk penguji ada trik-triknya sendiri untuk mengetahui kondisi kelaikan bus itu," katanya.

Setelah dilakukan pemeriksaan ram cek, Bus-bus yang lolos atau laik jalan akan di tempeli stiker. Artinya masyarakat yang ingin mudik dapat melihat stiker yang tertempel di depan kaca depan bus. Jika stiker ditemukan sudah dipastikan lain jalan, atau kondisi bus dalam keadaan baik.

"Iya kalau yang layak di tempelin stiker bahwa bus itu layak jalan, tapi tidak semua kita tes itu hanya random saja gitu," ujarnya.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah untuk Wilayah Kota Bekasi Rabu 11 Ramadan 1443 Hijriah

Baca juga: Panitia Formula E Jakarta Berencana Undang Artis Amerika untuk Tampil 4 Juni 2022, Siapa Tuh?

Sejauh ini menurut Ikhwanuddin, belum ada bus-bus yang ditemukan tidak laik jalan untuk melayani para calon penumpang.

Namun, jika nanti ditemukan adanya bus yang tak laik jalan, maka bus tersebut tidak di izinkan untuk beroperasi, dan diminta untuk melengkapi kelengkapan hingga laik jalan.

"Kalau ada yang ditemukan (tidak laik) akan kita keluarkan dari terminal untuk perbaikan dulu, nanti setelah itu masuk ketika sudah bisa laik jalan," ucapnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved