Berita Jakarta

Masih Ada 15 Kelurahan di Jakarta Belum Punya Puskesmas, Dinkes Didesak Bikin Kajian

Dari 267 kelurahan di DKI Jakarta, masih ada 15 kelurahan yang belum memiliki Puskesmas untuk menunjang pelayanan kesehatan masyarakat.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Ichwan Chasani
Wartakotalive.com
Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo. 

TRIBUNBEKASI.COM — DPRD DKI Jakarta mendesak Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melakukan kajian dalam pembangunan Puskesmas.

Sebab, dari 267 kelurahan di DKI Jakarta, masih ada 15 kelurahan yang belum memiliki Puskesmas untuk menunjang pelayanan kesehatan masyarakat.

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo menyayangkan situasi ini, karena di tengah jumlah penduduk yang terus meningkat, masih ada kelurahan di Jakarta yang belum memiliki Puskesmas.

Berdasarkan data yang dihimpunnya, setidaknya ada 15 kelurahan di Jakarta yang belum memiliki Puskesmas, bahkan diantaranya masuk dalam kawasan padat penduduk.

“Memang masih banyak PR di Jakarta terkait fasilitas pelayanan kesehatan di permukiman padat penduduk,” kata Anggara dalam keterangan resminya, Kamis (14/3/2022).

Baca juga: Menjelang Lebaran, Pemprov DKI Larang Pusat Perbelanjaan Gelar Midnight Sale

Baca juga: Kembali Gelar Mudik Gratis, Pemprov DKI Siapkan 492 bus dan 31 Truk

Anggara mengatakan, dengan situasi tersebut Dinkes DKI Jakarta harus segera berkoordinasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) untuk merealisasikan puskesmas di seluruh Kelurahan.

Salah satu caranya melakukan pembelian lahan dulu, dan secara teknis harus menggandeng Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, serta Badan Pengelola Aset.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti berjanji akan secepatnya melakukan kajian terhadap 15 Kelurahan yang belum memiliki Puskesmas.

“Jadi memang ada beberapa kelurahan yang belum memiliki puskesmas akan kita kaji ulang, kalau memang layak, akan jadi perhatian kita,” ujarnya.;

Baca juga: Kejar Cakupan Vaksin Booster, Dinkes Kota Bekasi Sasar Rumah Ibadah

Baca juga: Perbaikan Jalan Bikin Kalimalang Macet Parah, Polisi Imbau Warga Cari Jalur Alternatif

Widyastuti menjelaskan untuk membuat Puskesmas harus melalui kajian konsep kewilayahan yang matang. Salah satunya harus memenuhi syarat memiliki minimal 30 ribu penduduk di Kelurahan tersebut.

“Jadi membuat Puskesmas itu memang harus ada konsep kewilayahan dengan minimal ada jumlah penduduk. Kalau hanya 6.000 dan sekitarnya gedung perkantoran itu belum memenuhi syarat pembuatan Puskesmas,” katanya. 

Berikut Data Kelurahan di Provinsi DKI Jakarta yang belum memiliki Puskesmas:
1. Kelurahan Duri Selatan
2. Kelurahan Jembatan Lima
3. Kelurahan Karanganyar
4. Kelurahan Tangki
5. Kelurahan Gambir
6. Kelurahan Gunung Sahari Selatan
7. Kelurahan Cikini
8. Kelurahan Senen
9. Kelurahan Glodok
10. Kelurahan Gondangdia
11. Kelurahan Kebon Kacang 
12. Kelurahan Kemayoran
13. Kelurahan Cipedak
14. Kelurahan Karet Semanggi
15. Kelurahan Kebayoran Lama Selatan.

Sumber: Wartakota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved