Mudik Lebaran

Volume Kendaraan Pemudik yang Melintas di Kota Bekasi Meningkat 15 Persen pada H-7 Lebaran

Volume kendaraan pemudik yang melintas di Kota Bekasi terpantau mengalami peningkatan sejak H-7.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Joko Supriyanto
Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki meninjau pos pengamanan mudik untuk memantau volume kendaraan yang melintasi Kota Bekasi, Selasa (26/4/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Volume kendaraan yang melintasi wilayah Kota Bekasi mengalami peningkatan sejak H-7 Hari Raya Idulfitri 1443H, atau Senin (25/4).

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Hengki, menyatakan kendaraan pemudik yang melintasi Kota Bekasi mulai menunjukkan peningkatan, meski belum begitu signifikan karena baru 15 persen.

Hengki memrediksi puncak arus mudik bakal terjadi pada 28 April 2022.

Hal ini disampaikannya saat meninjau titik lintasan pemudik dan pos pengamanan mudik di Kota Bekasi, Selasa (26/4) siang.

"Beberapa hari yang lalu ada sebagian yang mendahului mudik, dan puncaknya kami prediksi tanggal 28-29 April 2022," kata Hengki.

Pusat perbelanjaan

Diungkapkan oleh Hengki, meski volume kendaraan meningkat tapi belum sampai menimbulkan kemacetan.

Kemacetan yang terjadi di pusat Kota Bekasi beberapa hari terakhir ini bukan disebabkan kendaraan pemudik, melainkan meningkatnya volume kendaraan warga Bekasi yang bepergian ke pusat perbelanjaan.

"Kalau kami lihat tadi, meningkatnya masyarakat yang menggunakan sepeda motor itu masih )dari) sekitar masyarakat Kota Bekasi yang pergi belanja ke mal-mal, persiapan Lebaran," katanya.

Ciri-ciri pemudik

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Agung Pitoyo, menjelaskan bahwa kendaraan pemudik yang melintasi jalur mudik di Kota Bekasi semakin banyak.

Meski tidak terhitung secara terinci, namun kendaraan pemudik langsung dikenali karena ciri-cirinya sangat jelas. Misalnya embawa barang-barang dalam jumlah banyak.

"Peningkatan dari kemarin paling baru 15 persen, kami tidak bisa ambil secara rinci kecuali masuk tol. Di arteri kami tidak bisa lihat, yang keliatan banyaknya motor, kedua lihat orang mau mudik kayak gimana banyak gembolan-gembolannya," katanya.

Mengantisipasi terjadinya kemacetan saat puncak arus mudik. Polres Metro Bekasi Kota telah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas.

Salah satunya adalah kendaraan dari Kalimalang bisa langsung lurus ke Jalan M Hasibuan. Selama ini kendaraan dari Kalimalang harus belok ke kiri dulu dan melakukan putaran balik.

"Makanya kami buat rekayasa lantas meluruskan kendaraan dari Kalimalang ke Jalan M Hasibuan. jadi, ketika mereka mau ke Tongyang tinggal lurus saja. Untuk rekayasa lalin itu kami lakukan secara situasional," tandas Agung Pitoyo.

 

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved