Berita Karawang

Pemudik Diminta Mewaspadai Cuaca Ekstrem di Wilayah Karawang

Cuaca ekstrem membayangi pemudik di wilayah Karawang sampai awal Mei 2022. Para pemudik diimbau menepi dulu bila terjebak hujan di tengah perjalanan.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
suryamalang.tribunnews.com
Cuaca ekstrem membayangi pemudik di wilayah Karawang sampai awal Mei 2022. Keterangan foto: (ilustrasi) 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang mengingatkan para pemudik agar mewaspadai cuaca ekstrem saat melintasi wilayah Kabupaten Karawang.

Pasalnya, berdasarkan pengamatan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor, beberapa wilayah sedang memasuki peralihan musim yang dapat mengakibatkan cuaca ekstrem di bagian barat Pulau Jawa, termasuk wilayah Karawang.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin, mengatakan Karawang sebenarnya mulai memasuki musim kemarau. Hanya saja, di sejumlah wilayah masih memasuki peralihan musim.

"Tentunya kondisi ini berpotensi memicu hujan sedang maupun sangat lebat hingga ekstrem, dan dapat disertai kilat atau petir serta angin kencang," ujarnya pada Rabu (27/4/2022).

Ciri-ciri cuaca ekstrem

Dia menambahkan, ciri-ciri akan terjadi kondisi tersebut ditandai dengan pemanasan kuat antara pukul 10.00 hingga 14.00, yang mengakibatkan pembentukan awan konvektif dengan dasar awan yang gelap, puncak menjulang tinggi seperti kembang kol dan terkadang memiliki landasan pada puncaknya.

"Peralihan musim di momen mudik ini akan terjadi hingga awal Mei mendatang. Ini berdasarkan prospek cuaca ekstrem mingguan di sejumlah wilayah Jawa Barat mulai dari 25 April sampai 1 Mei itu. Kabupaten Karawang masuk ke daftar wilayah yang masuk ke cuaca ekstrem," katanya.

Yasin mengimbau masyarakat untuk dapat melihat prakiraan cuaca terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Informasi terbaru cuaca dapat dilihat melalui aplikasi BMKG maupun akun media sosial BPBD Karawang.

Jika terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir jangan memaksakan diri menembus hujan, diminta menepi di sejumlah posko mudik maupun warung-warung yang ada disepanjang jalur mudik.

"Masyarakat tetap harus waspada dan mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem saat perjalan mudik," tutupnya.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved