Mudik Lebaran

Kendaraan ke Jakarta Bisa Masuk Jalur Tol di GT Karawang Barat, Kena Macet di Cikampek - Karawang

Masyarakat yang menuju Jakarta dialihkan ke Jalur Pantura selama pelaksanaan one way, dan bsa kembali ke jalan Tol Japek di GR Karawang Barat.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Muhammad Azzam
Jalan Raya Pantura di Kabupaten Karawang macet parah di jalur yang menuju Jakarta, imbas rekayasa lalu lintas one way di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (28/4/2022) malam. 

TRIBUNBEKASI.COM, KARAWANG -- Kemacetan parah terjadi di Jalan Raya Pantura di Karawang, di lajur menuju Jakarta, Kamis (28/4) petang hingga malam.

Kemacetan itu terjadi akibat penerapan sistem satu arah, atau one way di jalan Tol Jakarta - Cikampek sejak KM47.

Akibatnya kendaraan dari Bandung dan Cikampek yang menuju barat, atau Bekasi dan Jakarta dialihkan ke jalur arteri, dalam hal ini Jalan Raya Pantura.

Meningkatnya volume kendaraan secara drastis di Jalan Raya Pantura lah yang menyebabkan kemacetan tersebut.

Atas situasi tersebut, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan bahwa masyarakat yang menuju Jakarta, yang terpaksa harus menggunakan jalur Pantura dan terkena macet, bisa kembali masuk ke jalan Tol Jakarta - Cikampek di Gerbang Tol (GT) Karawang Barat.

"Kami Korlantas Polri bersama pihak terkait telah membuka one way mulai kilometer 47 tol Jakarta-Cikampek sampai kilometer 414 GT Kalikangkung. Jadi masyarakat yang mau ke Jakarta dari jalan arteri bisa masuk kembali tol di GT Karawang Barat," katanya pada Kamis (28/4/2022).

Skema satu arah

Sebelum pelaksanaan one way, kata Eddy, dilakukan pembersihan jalur pada pukul 15.00, baik di jalur tol, akses menuju jalan tol, hingga rest area.

Setelah mendapat laporan dari Dirlantas Polda Jabar dan Jateng bahwa jalur telah bersih, skema one way pun dimulai.

Mobil di baris pertama one way akan dikawal petugas patroli jalan raya (PJR) hingga kilometer 70. Kemudian ditimbang terimakan kepada Dirlantas Polda Jabar higga kilometer 236. Lalu ditimbang terimakan kepada Dirlantas Polda Jateng hingga kilometer 414 GT Kalikangkung.

Macet di Pantura

Untuk informasi, kepadatan lalu lintas di Jalan Raya Pantura menuju Jakarta itu, seturut pemantauan Warta Kota, terjadi mulai pukul 17.45 dari wilayah Cikampek sampai Karawang Barat.

Terlihat sejumlah kendaraan roda empat, baik pribadi, bus, maupun truk, memadati jalan. Laju kendaraan hanya sekitar 10 kilometer (km)/jam, dan ketika berhenti harus menunggu 5-10 menit sampai bergerak kembali.

Kendaraan pribadi didominasi mobil berpelat nomor polisi D atau Bandung, dan T atau Cikampek dan Purwakarta.

Sementara bus yang terkena kemacetan ini memiliki trayek Tasikmalaya ke Bekasi dan Bandung ke Kampungrambutan Jakarta.

Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved