Mudik Lebaran

Dua Tahun Salikun Tak Peluk Istri di Kampung, Begitu Mudik Diizinkan Dia Gowes Federalnya ke Kebumen

Salikun Angel akhirnya mudik setelah 2 tahun menuruti imbauan Pemerintah. Pemulung berusia 62 tahun ini mudik naik sepeda Federal.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: AC Pinkan Ulaan
Tribun Bekasi/Joko Supriyanto
Salikun Angel akhirnya mudik setelah 2 tahun menuruti imbauan Pemerintah. Pemulung yang tinggal di Tebet, Jakarta Selatan, ini mudik ke Kebumen, Jawa Tengah dengan menggunakan sepeda Federal, Kamis (18/4/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN -- Dua tahun sudah Salikun Angel tidak memeluk istrinya tercinta.

Pandemi Covid-19 membuat Salikun tidak mudik ke kampung halamannya di Kebumen, Jawa Tengah, karena Pemerintah meminta warga jangan mudik dulu. Tujuannya agar viru Covid-19 dari kota tidak terbawa ke kampung, dan menulari warga di desa.

Namun tahun ini, setelah mendengar kabar Pemerintah mengizinkan masyarakat mudik Lebaran, pria berusia 62 tahun ini pun tak menyiakan kesempatan tersebut.

Salikun biasa mudik menggunakan sepeda, tahun inipun dia menggowes sepeda Federalnya ke kampung halamannya di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2022).
Salikun biasa mudik menggunakan sepeda, tahun inipun dia menggowes sepeda Federalnya ke kampung halamannya di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2022). (Tribun Bekasi/Joko Supriyanto)

 

Salikun berangkat mudik dari Asem Baris, Tebet, Jakarta Selatan pada Kamis (28/4) malam. Dia bukan naik mobil atau motor untuk mudik, melainkan sepeda.

Alasannya, pria yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung ini mengaku tak punya banyak uang untuk naik transportasi umum. Dia juga tidak punya sepeda motor apalagi mobil, sehingga menggunakan alat transportasi yang dimilikinya, yaksi kereta angin alias sepeda.

Jarak lebih dari 400 kilometer antara Jakarta - Kebumen akan ditempuhnya dengan sepeda merek Federal miliknya.

Meskipun bukan sepeda baru, Salikun mengaku sudah terbiasa menggunakan sepeda ketika mudik Lebaran.

"Saya itu mudik pakai sepeda ini sudah sejak 2012. Dulu sepeda saya bukan ini, jadi sempat ganti. Jadi, bisa dibilang jarak segitu ya sudah biasa, karena memang kalo mudik pasti pakai sepeda," kata Salikun Angel, Kamis (28/4) malam.

Taat kepada Pemerintah

Halaman
12
Sumber: Tribun bekasi
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved