Ibadah Haji

Biaya Perjalanan Haji Jemaah Haji Bekasi Rp39.886.009, Konfirmasi dan Pelunasan akan Dimulai

Biaya Perjalanan Ibadah Haji bagi calon jemaah Bekasi sebesar Rp39.886.009. Dalam waktu dekat Kemenag akan merilis daftar jemaah yang berhak berangkat

Penulis: AC Pinkan Ulaan | Editor: AC Pinkan Ulaan
Freepik.com
Telah terbit Keppres Nomor 5 Tahun 2022 yang menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi. Keterangan foto: (Ilustrasi) 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA -- Calon jemaah haji Bekasi yang akan berangkat menunaikan Ibadah Haji 1443H dikenai Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) sebesar Rp39.886.009.

Sebagaimana dilansir dalam siaran pers Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Bipih bagi jemaah haji asal Bekasi itu termaktub dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 5 Tahun 2022, tentang Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Keppres yang ditetapkan pada Jumat (29/4) ini mengatur Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih), untuk jemaah haji reguler, serta Petugas Haji Daerah (PHD), dan Pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU).

Tercantum di sana, besaran Bipih jemaah haji Bekasi sama dengan Bipih jemaah haji DKI Jakarta, karena sama-sama berangkat dari embarkasi Jakarta.

Selain embarkasi Jakarta, di dalam Keppres itu disebutkan juga Bipih untuk 11 embarkasi lainnya, yang nilainya berbeda-beda.

Dasar penetapan

Keppres BPIH diterbitkan setelah Kementerian Agama dan DPR RI menyepakati besaran biaya haji tahun ini pada 13 April 2022. Keppres ini dibuat berdasarkan Biaya Perjalanan Ibadah Haji, Nilai Manfaat, dan Dana Efisiensi.

Penerbitan Keppres BPIH ini sangat diperlukan sehingga Kementerian Agama beserta kantor wilayahnya dapat melangkah ke tahap berikutnya, yaitu mengonfirmasi keberangkatan jemaah haji lunas tunda yang berhak berangkat tahun ini.

Termasuk juga pelunasan Bipih bagi jemaah haji lunas tunda, yakni jemaah yang berhak berangkat tahun ini namun menarik kembali biaya pelunasannya, ketika Pemerintah Arab Saudi menutub Ibadah Haji bagi jemaah internasional pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19.

Untuk informasi, Bipih bagi jemaah embarkasi Jakarta pada tahun ini lebih mahal dari Bipih tahun 2020, di mana selisihnya lebih dari Rp 5 juta.

Pada tahun 2020, Bipih ditetapkan melalui Keppres Nomor 6 Tahun 2020, di mana Bipih untuk jemaah haji embarkasi Jakarta sebesar Rp34.772.602.

Konfirmasi dan pelunasan

Setelah penerbitan Keppres yang menetapkan Bipih untuk Ibadah Haji 1443H, Menteri Agama, dalam hal ini Yaqut Cholil Qoumas, harus menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) yang mengatur soal konfirmasi jemaah yang akan berangkat dan pelunasan Bipih.

“Baik konfirmasi keberangkatan maupun pelunasan masih menunggu terbitnya Keputusan Menteri Agama atau KMA. Kami berharap tahap ini bisa dimulai pada 9 Mei 2022,” kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hilman Latief, Jumat kemarin.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved