Hari Raya Idulfitri

Kendaraan ke Puncak Membeludak Sejak Pagi, Contraflow Diberlakukan di Tol Jagorawi

Jalur menuju Puncak, Kabupaten Bogor, sudah macet sejak pagi, sehingga polisi menerapkan rekayasa lalu lintas sejak dari Tol Jagorawi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Istimewa/Polres Bogor
Jalur menuju Puncak, Kabupaten Bogor, sudah macet sejak pagi, sehingga polisi menerapkan rekayasa lalu lintas sejak dari Tol Jagorawi. Keterangan foto: Antrean kendaraan menuju Puncak di Simpang Gadog, Ciawi pada Selasa (3/5/2022) pagi. 

TRIBUNBEKASI.COM, BOGOR -- Tingginya animo masyarakat Jabodetabek berwisata ke Puncak, Kabupaten Bogor, membuat polisi dan Jasamarga harus melakukan rekayasa lalulintas contraflow di jalan Tol Jagorawi arah Ciawi, Selasa (3/5).

Sebagaimana dilansir laman Korlantas Polri, tindakan ini dilakukan sebagai diskresi kepolisian, untuk mengurai kemacetan yang terjadi ke arah Puncak, Bogor.

“Contraflow di ruas Tol Jagorawi arah Ciawi sebagai langkah antisipasi kepadatan lalu lintas menuju puncak yang terjadi pada hari ini,” kata pihak Jasamarga dalam siaran pers.

Pemberlakuan contraflow dimulai sejak pukul 06.57 di KM 44+500 sampai dengan 46+500, khusus kendaraan yang akan menuju Simpang Ciawi atau Sukabumi.

Jasamarga menjelaskan bahwa petugas dan rambu-rambu sudah berada di lokasi contraflow, sehingga masyarakat tinggal mengikuti arahan petugas dan petunjuk rambu.

“Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan, Jasamarga Metropolitan Tollroad telah memasang rambu-rambu dan menempatkan petugas pengatur lalu lintas di lokasi contraflow,” ukar pihak Jasamarga. 

Penerapan contraflow pada pagi tadi bersifat situasional, dalam arti melihat kepadatan volume kendaraan. Skema contraflow hari ini kemudian diikuti skema satu arah atau one way di Jalur Puncak. Namun polisi tidak menerapkan skema ganjil genap di kawasan ini.

Volume kendaraan mengarah ke Puncak dari Bogor cenderung padat, yang mulai terjadi di sekitar PLN Cipayung, sehingga diberlakukan sistem satu arah pada pagi hari. Alhasil arus kendaraan dari arah Puncak ke Jakarta ditutup sementara.

Nmaun setelah pukul 12.00 sistem satu arah diberlakukan ke arah sebaliknya, dari Puncak menuju Ciawi, karena terjadi kepadatan kendaraan di Cianjur menuju Bogor. (*)

Sumber: Korlantas Polri

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved