Mudik Lebaran

Rute Alternatif ke Cirebon-Jawa Tengah Hindari One Way Hari Ini

Polisi bakal melakukan sterilisasi 2 jam sebelum pelaksanaan one way. Khususnya, sterilisasi pengendara yang masih ada di rest area.

Editor: Ichwan Chasani
TribunBekasi.com
Arus lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 55 Karawang, arah Cikampek terpantau padat merayap, pada Rabu (4/5/2022) siang. 

TRIBUNBEKASI.COM — Meski penerapan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dipercepat hari Kamis (5/5/2022) ini, para pemudik yang ingin berangkat ke daerah Cirebon hingga Jawa Tengah saat jadwal kebijakan one way tidak perlu khawatir.

Para pengguna jalan masih bisa memilih salah satu dari 3 rute alternatif non tol untuk menuju wilayah Cirebon hingga Jawa Tengah.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa kebijakan one way hari ini bakal berlangsung dari gerbang tol Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Jakarta-Cikampek (Japek).

Rencananya, kebijakan one way tersebut bakal berlangsung pada pukul 11.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB. Nantinya, kebijakan one way juga itu bakal digabung dengan skema contraflow.

"One way akan diberlakukan pada hari Kamis tanggal 5 Mei 2022 pukul 11.00 sampai dengan 24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai dengan Km 72 Cikampek dilanjutkan contraflow sampai dengan tol Jakarta Cikampek Km 47," kata Dedi saat dikonfirmasi, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Sebanyak 73 Persen Tiket KA dari Stasiun Pasar Senen Terjual Hari Kamis Ini

Baca juga: UPDATE Pukul 10.00 WIB, Arus Balik Lebaran Mulai Terlihat di Jalan Pantura Karawang

Baca juga: Arus Balik Meningkat, Polisi Percepat One Way dari Tol Palimanan Hingga Tol Japek Mulai Hari Ini

Dedi menuturkan kendaraan yang akan mengarah ke Bandung-Cikampek bakal diberikan relaksasi 1 lajur saat kebijakan one way tersebut. Adapun skema one way juga diberlakukan situasional.

"Apabila kepadatan arus lalin mulai berkurang maka pelaksanaan rekayasa oneway akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada, namun apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal maka rekayasa lalin oneway akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama Km 188 sampai dengan tol Jakarta Cikampek Km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya," ungkap Dedi.

Lebih lanjut, Dedi menuturkan pihaknya juga bakal melakukan sterilisasi 2 jam sebelum pelaksanaan one way. Khususnya, sterilisasi pengendara yang masih ada di rest area.

"Mekanisme sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway akan dilaksanakan sterilisasi atau pembersihan baik pada jalur maupun rest area selama 2 jam sebelum pelaksanaan rekayasa lalin oneway atau pukul 09.00 WIB. Setelah itu rekayasa lalin oneway akan dimulai pkl 11.00 WIB," pungkasnya. (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

Jalur alternatif ke arah Cirebon dan arah ke Jateng, sebagai berikut:

1. Keluar GT Karawang Barat, Jalan Raya Pantura, Jalan Raya Klari - Kosambi - Cikampek - Jomin - Pantura.

2. Keluar GT Kartim- Kalri - Pasar Kosambi - Jomin - Pantura.

3. Keluar GT Cikopo - SP Jomin - Pantura.

Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved