Arus Balik

Waspadai Kepadatan di Jalan Arteri Saat Arus Balik Mudik, Pemkot Bekasi Siapkan Skema Antisipasi

Personil gabungan sudah dikerahkan di titik-titik arus balik mudik lebaran, termasuk melakukan pemantauan di 36 titik CCTV yang ada di jalur arteri.

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
TribunBekasi.com/Muhammad Azzam
Jalan Raya Pantura Karawang, Jawa Barat mulai ramai kendaraan arus balik, pada Kamis (5/5/2022). 

TRIBUNBEKASI.COM, BEKASI SELATAN --- Guna memperlancar arus balik mudik lebaran 2022 dan menghindari penumpukan kendaraan yang melintas, Pemerintah Kota Bekasi menyiapkan skema pengaturan arus lalu lintas di jalan arteri.

Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan pihaknya sudah melakukan  persiapan, terutama persiapan Jalur Arteri di Kota Bekasi yang bisa saja terjadi penumpukan pasca mudik lebaran.

"Semua kekuatan kita sudah koordinasikan secara intensif dalam kolaborasi bekerja dengan Kapolres dan Dandim. Kemudian dengan situasi lalu lintas dan kelancarannya dan tentunya ini tidak lepas dari cipta kondisi dari personil, sarana dan prasarana, dan juga dukungan logistiknya," kata Tri Adhianto, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Jalur Pantura Karawang Mulai Ramai, Pemudik Motor Curi Start Lebih Dulu Hindari Kemacetan Arus Balik

Baca juga: Berikut Jadwal One Way Arus Balik Mudik Lebaran, Berlaku Mulai Jumat 6 Mei Hingga Senin 9 Mei 2022

Personil gabungan pun juga sudah dikerahkan di titik-titik arus balik mudik lebaran, termasuk melakukan pemantauan di 36 titik CCTV yang ada di jalur Arteri.

Ketika, terjadi kepadatan maka petugas akan langsung melakukan pengaturan arus lalu lintas.

"Sehingga dengan mudah kita segera memonitor kalau ada kejadian apapun dan itu menunjukkan secara sarana prasarana kita siap petugas siap, operasional siap untuk arus balik mudik lebaran ini," katanya.

BERITA VIDEO : REST AREA PEMUDIK SEPEDA MOTOR DI JALAN RAYA CIKAMPEK

Tri memprediksi untuk puncak arus balik mudik lebaran diwiliyahnya nantinya akan terjadi pada hari Kamis hingga Minggu mendatang yakni dari tanggal 5 sampai 9 Mei 2022 mendatang. 

Dengan prediksi tersebut disampaikan melihat dari segi jadwal libur kerja karyawan yang akan segera berakhir dan juga jangka waktu perjalanan dari kampung halaman menuju ke wilayah asal.

"Kalau arus balik, kita prediksi akan terjadi sejak dari hari Kamis ini sudah mulai yang dimana ada suatu pergerakan. Tetapi kita yakini memang muncul Waktu puncak arus mudik itu, akan terjadi di tanggal 6 - 9 Mei," ucapnya.

Pos kesehatan dipindah

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Metro Bekasi memindah pos pelayanan kesehatan mudik PT Indo Beras Unggul (IBU) ke Dion Waterboom, Desa Tanjung Baru, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi.

Pemindahan pos pelayanan kesehatan tersebut, dilakukan untuk menyesuaikan perjalanan arus balik pemudik yang melintas di Jalan Raya Pantura.

"Kami pindah pos pelayanan yang tadinya ada di sisi menuju jalan menuju Kedungwaringin, menjadi ke sisi yang menuju ke Bekasi," ungkap Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, Kompol Arga Dija Putra saat dikonfirmasi, Kamis (5/4/2022).

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved