Berita wisata

Griya Anggrek, Atraksi Baru di Kebun Raya Bogor ini Tawarkan Wisata Sekaligus Belajar Anggrek

Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor bisa menjadi tujuan bagi masyarakat yang ingin berwisata sambil belajar soal anggrek.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Cahya Nugraha
Di Griya Anggrek Kebun Raya Bogor terdapat tanaman keluarga Orchidaceae, baik spesies asli, hasil silang, dan hibrida. 

TRIBUNBEKASI.COM, BOGOR - Ada satu alasan baru untuk berwisata ke Kebun Raya Bogor, yakni melihat koleksi tanaman anggrek yang cantik-cantik.

Bertepatan dengan ulang tahun ke-205 Kebun Raya Bogor, yang jatuh pada 18 Mei 2022, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) selaku lembaga induk Kebun Raya Bogor, membuka atraksi batru bernama Griya Anggrek.

Seperti terlihat dari namanya, Griya Anggrek adalah rumah bagi koleksi anggrek milik tempat konservasi dan rekreasi ini.

Griya Anggrek, atraksi baru di Kebun Raya Bogor (KRB) yang menyimpan sekitar 800 suku dan 4.000 marga dengan jumlah tanaman sebanyak 10.000-an milik KRB.
Griya Anggrek, atraksi baru di Kebun Raya Bogor (KRB) yang menyimpan sekitar 800 suku dan 4.000 marga dengan jumlah tanaman sebanyak 10.000-an milik KRB. (Warta Kota/Cahya Nugraha)

 

Percontohan

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko, mengatakan dalam acara peresmian Griya Anggrek, Kebun Raya Bogor di usianya yang ke-205 tahun menjadi percontohan bagi 44 kebun raya lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Wahana edukasi Griya Anggrek di Kebun Raya Bogor diharapkan menjadi pelopor dalam mengelola fasilitas di kebun raya lainnya, yang dibangun oleh kementerian terkait," ucapnya.

Berdasarkan data BRIN, saat ini terdapat 45 kebun raya di Indonesia, dengan rincian 5 kebun raya berada di bawah pengelolaan BRIN, yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali, serta Kebun Raya Cibinong.

Sementara itu, terdapat 5 kebun raya yang dikelola oleh pemerintah daerah tingkat provinsi, 32 kebun raya oleh pemerintah daerah tingkat kabupaten/kota, dan terakhir 3 kebun raya dikelola oleh perguruan tinggi.

10.000-an tanaman

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved