Ibadah Haji

Suhu di Arab Saudi Bisa Capai 50 Derajat Celcius, Menag Ingatkan Jemaah Siapkan Kebugaran Fisik

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan calon jemaah haji Indonesia akan suhu udara ekstrem di Arab Saudi.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Twitter Reasah Alharmain
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan calon jemaah haji Indonesia akan suhu udara ekstrem, yang mungkin terjadi di Arab Saudi selama musim haji 1443H. 

TRIBUNBEKASI.COM, JAKARTA -- Calon jemaah haji asal Indonesia yang akan berangkat menunaikan Ibadah Haji 1443H, atau tahun ini, diminta mempersiapkan keberangkatannya sebaik mungkin.

Termasuk mempersiapkan kesehatan dan kebugaran fisik untuk menghadapi cuaca di Arab Saudi yang saat ini sudah memasuki musim panas.

Hal ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/5/2022) siang.

Suhu ekstrem

Sebagaimana dilansir laman Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Yaqut Cholik Qoumas baru saja kembali ke Tanah Air setelah 5 hari berada di Arab Saudi, untuk mengecek kesiapan penyelenggaraan haji dan pelayanan bagi jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi.

"Saya perlu sampaikan, di Saudi sedang musim panas. Jadi kemarin kami di sana itu temperatur kurang lebih 40 - 44 derajat celcius," kata Yaqut mengungkapkan.

"Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius," imbuhnya.

Angka tersebut tergolong ekstrem bagi masyarakat Indonesia, yang sehari-hari menikmati suhu udara 31-33 derajat Celcius dalam kondisi terpanas.

Menag berharap calon jemaah mulai menyiapkan diri dengan kondisi tersebut, salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan menjelang keberangkatan.

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrem, suhu udara yang ekstrem," ujar menteri yang biasa disapa Gus Men ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved