Berita pendidikan

Mau Belajar Ilmu Hukum Universitas Negeri? Ini Jadwal Seleksi Jalur Mandiri dan Biaya Kuliahnya

Pelajar yang baru lulus SMA dan ingin kuliah di fakultas hukum di universitas negeri, masih bisa mencapai keinginannya lewat jalur mandiri.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Dok. UI
Pelajar yang baru lulus SMA dan ingin kuliah di fakulutas hukum universitas negeri, masih bisa mencapai keinginannya lewat jalur mandiri. Keterangan foto: (ilustrasi) Mahasiswa Universitas Indonesia (UI). 

TRIBUNBEKASI.COM -- Pelajar yang baru lulus SMA masih memiliki kesempatan kuliah di universitas negeri. Kamu bisa mendaftar melalui jalur mandiri.

Hampir semua universitas negeri di Indonesia memiliki jalur mandiri, sebagai opsi selain jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Salah satu fakultas yang cukup tinggi peminatnya di universitas negeri adalah ilmu hukum, sehingga persaingannya cukup ketat. Alhasil peluang untuk diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN memang cukup tipis.

Namun dengan adanya jalur mandiri, kamu yang bercita-cita ingin jadi pengacara, jaksa, hakim, dan profesi-profesi lainnya yang berkaitan dengan ilmu hukum, masih bisa mengejar cita-cita tersebut.

Hanya saja, karena proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri ini diselenggarakan oleh masing-masing universitas, maka jadwal pelaksanaannya berbeda-beda.

Berikut adalah daftar jurusan ilmu hukum di PTN lewat jalur mandiri lengkap dengan biaya kuliah:

1. Universitas Indonesia

Dilansir Kompas.com, menurut QS World University Ranking, Universitas Indonesia merupakan PTN di Indonesia yang menduduki peringkat ke-305 di dunia.

Pelaksanaan jalur mandiri atau seleksi masuk Universitas Indonesia biasa disebut juga dengan SIMAK UI.

Melansir simak.ui.ac.id, berikut adalah jadwal penting pelaksanaan SIMAK UI:

Halaman
1234
Sumber: TribunJabar.id
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved