Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Krisis Striker, Shin Tae-yong Sebut Masalahnya ada di Klub Domestik

Timnas Indonesia krisis striker karena kebanyakan striker di Liga 1 Indonesia adalah pemain asing.

Editor: AC Pinkan Ulaan
BolaSport.com
Timnas Indonesia krisis striker karena kebanyakan striker di Liga 1 adalah pemain asing. Keterangan foto: (ilustrasi) Striker Timnas Indonesia, Ezra Walian 

TRIBUNBEKASI.COM, BANDUNG -- Menjelang pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia kontra Timnas Bangladesh, Rabu (1/6/2022), terungkap sebuah masalah yang cukup mengganggu bagi Timnas Indonesia.

Sebagaimana diwartakan Tribun Jabar, Timnas Indonesia tengah mengalami krisis pemain penyerang.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui lini depan Timnas Indonesia belum maksimal menjelang lawan Bangladesh.

Selain lini depan, Shin Tae-yong mengakui lini belakang Skuad Garuda juga belum maksimal.

Hanya 2 gol

Pernyataan pelatih asal Korea Selatan ini terbukti dari produktivitas lini depan Timnas Indonesia sejak bertanding di turnamen Piala AFF 2020.

Empat penyerang yang dibawa Shin Tae-yong ke turnamen itu adalah Ezra Walian, Dedik Setiawan, Hanis Saghara, dan Kushedya Hari Yudho, kurang bertaji.

Tercatat, dari penyisihan grup hingga timnas Indonesia jadi runner up Piala AFF 2020, setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand di final, hanya ada dua gol yang berasal dari penyerang. Semua gol itu disumbangkan oleh satu nama, yakni Ezra Walian.

Pemain asing

Shin Tae-yong menilai hal ini bisa terjadi karena hampir rata-rata klub Liga Indonesia menggunakan tenaga striker dan stopper asing.

"Masalah Liga Indonesia saat ini banyak sekali striker dan stopper pemain asing," katanya kepada Kompas.com, Rabu (1/6/2022).

Hal itu membuat para pemain lokal di posisi striker dan bek tengah sulit berkembang. Padahal, lanjut pria Korea Selatan ini, potensi pemain lokal di posisi tersebut cukup mumpuni.

"Sangat disayangkan, jadi pemain lokal tidak dapat main dan tidak bisa berkembang sebagai striker dan stopper yang baik," ujarnya.

Menurut Coach Shin, upaya pengembangan potensi pemain lokal di posisi stiker dan stopper penting untuk dilakukan.

Halaman
12
Sumber: TribunJabar.id
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved